Rusuh di Papua

Kutuk Tindakan Rasis, PKB: I Love You Papua

Menurut Manan, Papua adalah bagian yang tidak bisa terpisahkan dari Indonesia. Dirinya berharap tidak ada perlakuan rasis terhadap rakyat Indonesia

Kutuk Tindakan Rasis, PKB: I Love You Papua
Fahdi Fahlevi/Tribunnews.com
Maman Imanulhaq 

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Wakil Ketua Dewan Syuro PKB, Maman Imanulhaq, mengutuk tindakan anarkis dan rasis yang diduga diterima oleh mahasiswa asal Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

Menurut Manan, Papua adalah bagian yang tidak bisa terpisahkan dari Indonesia. Dirinya berharap tidak ada perlakuan rasis terhadap rakyat Indonesia tanpa kecuali.

"Saya mengatakan kami PKB mencintai Papua. Papua adalah Indonesia dan Indonesia adalah Papua. Jangan sampai ada tindakan anarkis, rasis, baik oknum aparat atau oknum ormas. Kita tak ingin dijadikan rasisme masih ada di Indonesia," tutur Maman di Westin Hotel, Nusa Dua, Bali, Selasa (20/8/2019).

"Saya ingin mengatakan 'i love you Papua'," tambah Maman.

Baca: KontraS Minta Polisi Fokus Tangani Insiden Perusakan Merah Putih di Asrama Mahasiswa Papua Surabaya

Pengurus PKB telah melakukan sejumlah langkah untuk menurunkan tensi ketegangan di Papua dan Papua Barat. Maman mengatakan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, telah bertemu dengan sejumlah masyarakat Papua.

"Kemarin ada pertemuan teman-teman Papua dengan ketum, dan kita minta DPC disana, di Manokwari, di Merauke kita punya 5 kursi. Di papua kita terus mengobarkan semangat persaudaraan, terutama semangat persaudaraan setanah air," ungkap Maman.

Maman juga meminta kepada pemerintah untuk memberikan perhatian kepada wilayah Papua. Menurutnya, hal ini dapat meredam gesekan konflik di Papua.

Baca: Dinikahi Glenn Fredly, Ini 4 Lagu Dangdut Mutia Ayu, Punya Suara Manja dan Jago Ngerap

Sebelumnya dikabarkan aksi demo di Papua sebagai bentuk protes atas insiden pengepungan dan intimidasi terhadap sejumlah mahasiswa di Surabaya dan Malang baru-baru ini.

Sejumlah warga di Manokwari pada Senin pagi waktu setempat turun ke jalan. Sebagian bahkan sampai membakar ban di tengah jalan. Akibatnya, sejumlah ruas jalan di Manokwari dilaporkan lumpuh.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved