Fadli Sarankan Pemerintah Gelar Referendum Sebelum Pindahkan Ibu Kota ke Kaltim

Pemerintah tidak melakukan kajian yang komprehensif dalam memindahkan salah satu simbol negara tersebut.

Fadli Sarankan Pemerintah Gelar Referendum Sebelum Pindahkan Ibu Kota ke Kaltim
Kementerian PUPR via Kompas.com
Kawasan inti pusat pemerintahan ibu kota negara. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil ketua DPR Fadli Zon menyarankan kepada pemerintah untuk menggelar referendum terkait pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Menurutnya, pemerintah harus meminta pendapat masyarakat apakah perlu memindahkan ibu kota atau tidak.

"Saya kira ada bagusnya juga. Kalau perlu diadakan referendum ya, seperti usulan itu, agar ada pendapat masyarakat. Apa sih pendapat masyarakat? Apakah memang perlu pindah ibu kota atau tidak? Jadi jangan mengada-ada," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, (22/8/2019).

Menurut Fadli rencana pemerintah memindahkan ibu kota sekarang ini terkesan mengada ngada. Pemerintah tidak melakukan kajian yang komprehensif dalam memindahkan salah satu simbol negara tersebut.

"Ya itulah menurut saya ini tanpa ada satu kajian yang mendasar, mendalam, hanya mengikuti, saya engga tahu mengikuti apa itu ya. Tapi kalau ada satu rencana, planning, tentu ada kajiannya. Kajian itulah yang disosialisasikan kepada masyarakat," katanya.

Baca: Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur, Pemerintah Perlu Waspadai Spekulan Tanah

Ditambah lagi menurut Fadli situasi ekonomi sekarang ini tidak terlalu mendukung. Masih banyak persoalan mendasar yang belum diselesaikan pemerintah. Misalnya masalah ketimpangan dan kemiskinan.

"Mungkin lebih fokus dulu lah perbaiki dulu persoalan kemiskinan, pengangguran, ketahanan pangan kita, ketahanan enegri kita, utang kita. Ini fokus dulu di situ, baru bicara pemindahan ibu kota. Jadi jangan ada satu cara berpikir yang melompat gitu loh," pungaksnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved