Rusuh di Papua

Mendagri Sarankan Gubernur Papua dan Papua Barat Konsolidasi dengan Gubernur Jawa Timur

Tjahjo Kumolo menyarankan Gubernur Papua Lukas Enembe dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan untuk menemui Gubernur Jawa Timur

Mendagri Sarankan Gubernur Papua dan Papua Barat Konsolidasi dengan Gubernur Jawa Timur
Ilham Rian Pratama/Tribunnews.com
Tjahjo Kumolo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyarankan Gubernur Papua Lukas Enembe dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan untuk menemui Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Hal itu, kata Tjahjo, guna meredam konflik berkepanjangan yang saat ini tengah terjadi di tataran masyarakat Papua yang berada di Jawa Timur.

Apalagi menurut dia, Khofifah sudah meminta maaf atas insiden penangkapan 43 mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur.

"Untuk bisa berdialog dengan gubernur, untuk berdialog dengan mahasiswa Papua yang punya asrama di Malang yang punya asrama di Surabaya, dan sebagainya," ujar Tjahjo di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

"Saya kira ini masalah kita bersama, tanggung jawab bersama, mari kita selesaikan, duduk bersama dengan pikiran yang dingin dengan hati yang jernih untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI yang utuh," sambungnya.

Baca: Demi Kepentingan Nasional, Alasan Menteri Rudiantara Batasi Akses Internet di Papua

Seperti diketahui, kerusuhan di Manokwari diawali dengan warga yang menggelar aksi dengan membakar ban bekas dan meletakan pohon di sejumlah ruas jalan di dalam kota Manokwari, Senin (19/8/2019) pagi.

Aksi tersebut berlangsung anarkistis karena massa sempat melemparkan pecahan botol dan merobohkan papan reklame serta traffic light di pinggir jalan Yos Sudarso.

Bahkan kantor DPRD Papua Barat pun ikut menjadi sasaran amuk warga dengan dibakar.

Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes terhadap tindakan persekusi dan rasisme yang dilakukan organisasi masyarakat (ormas) dan oknum aparat terhadap mahasiswa Papua di Malang, Surabaya, dan Semarang.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved