Orang Nomor Dua di PKB Diumumkan di Jakarta

Ida tidak dapat memastikan waktu Cak Imin menetapkan kepengurusan PKB. Namun dirinya memastikan Cak Imin bakal segera menyusun struktur pengurus.

Orang Nomor Dua di PKB Diumumkan di Jakarta
Wartakota/Angga Bhagya Nugraha
Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendapat restu secara aklamasi untuk kembali menahkodai partai. Kini, Cak Imin akan mengumumkan struktur kepengurusan partainya termasuk sosok sekretaris jenderalnya di luar pelaksanaan Muktamar di Nusa Dua, Bali.

Ketua Steering Committee Muktamar, Ida Fauziyah, mengatakan terbuka kemungkinan Cak Imin mengumumkan sosok sekjen di Jakarta. "Bukan (di muktamar) beda. Nanti beliau akan umumkan setelah, gak di sini, di Jakarta," ujar Ida di Nusa Dua, Bali, Kamis (22/8/2019).

Baca: Begini Kriteria Calon Sekretaris Jenderal PKB Menurut DPW Jatim: Harus Punya Kapasitas Kepartaian

Ida tidak dapat memastikan waktu Cak Imin menetapkan kepengurusan PKB. Namun dirinya memastikan Cak Imin bakal segera menyusun struktur pengurus.

Baca: 3 Alasan Buat Cak Imin Terpilih Kembali Jabat Ketum PKB

Menurut Ida, Cak Imin bakal menunjuk pengurus PKB sesuai dengan kebutuhan partai. Dirinya meyakini Cak Imin sangat mengetahui sosok-sosok yang dapat membantunya untuk lima tahun ke depan.
"Ini beliau mandataris tunggal. Beliau yg akan melihat kebutuhannya dan melihat kebutuhan strukturnya dan kebutuhan resourcesnya," tutur Ida.

Ajang Muktamar V PKB telah memasuki akhir. Melalui rapat pleno, Cak Imin kembali terpilih sebagai Ketua Umum PKB untuk periode 2019-2024.

Baca: Rusdi Kirana Mengundurkan Diri dari PKB, Alasannya Ingin Fokus Jadi Duta Besar

Cak Imin terpilih secara aklamasi setelah seluruh DPW Provinsi sepakat untuk mengangkatnya sebagai ketua umum. Melalui pandangan umumnya, setiap DPW sepakat menyatakan menerima laporan pertanggungjawaban DPP.

Baca: Maruf Amin Ajak PKB Sukseskan Nawacita Kedua

Kemarin, Cak Imin mengumpulkan para Ketua DPR Provinsi malam ini untuk menentukan sosok yang mengisi jabatan sekretaris jenderal (sekjen). Cak Imin ingin meminta masukan serta saran dari para Ketua DPW PKB Provinsi.

"Saya akan kumpulkan ketua-ketua DPW Provinsi malam ini. Dari situ akan kita dengar masukan dan kesimpulan mereka," ujar Cak Imin di Westin Hotel, Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (21/8/2019) waktu setempat.

Baca: Konflik Pilpres 2019, Abdul Kadir Karding dan Lukman Edy Tak Diundang ke Muktamar V PKB

Cak Imin mengatakan keputusan nama sekjen PKB bisa disepakati kapan saja. Dirinya tidak dapat memastikan nama sekjen disepakati pada malam ini. Menurutnya, hal itu lumrah di setiap muktamar PKB.

Baca: PKB Terbuka Revisi UU MD3 untuk Penambahan Pimpinan MPR

Bagi Cak Imin, hal yang terpenting seluruh kader PKB sepakat dengan pilihan tersebut. "Gak ada alasan apapun. Alasannya kesepakatan bersama," tutur Cak Imin.

Baca: Muhaimin Optimis PKB akan Jadi Jawara di Pemilu 2024

Menurutnya, figur yang cocok untuk mengisi jabatan sekjen adalah yang bisa berkonsentrasi penuh pada partai. "Yang bisa bekerja yang bisa bekerja konsentrasi lebih bersifat manajer atau Executive director lah," kata dia.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved