WHO Sebut Serpihan Plastik Kecil-kecil yang Terkandung Dalam Air dan Masuk ke Tubuh Tidak Berbahaya

Badan Kesehatan Dunia PBB (WHO) menemukan bahwa partikel plastik yang besar dan kebanyakan yang kecil, hanya singgah di dalam tubuh tanpa diserap.

WHO Sebut Serpihan Plastik Kecil-kecil yang Terkandung Dalam Air dan Masuk ke Tubuh Tidak Berbahaya
ist
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM - Badan Kesehatan Dunia PBB (WHO) menemukan bahwa partikel plastik yang besar dan kebanyakan yang kecil, hanya singgah di dalam tubuh tanpa diserap.

Namun organisasi itu mengatakan temuan ini didasari ‘informasi terbatas’ dan menyerukan penelitian lebih lanjut tentang isu mikroplastik ini. "Kita perlu tahu lebih banyak secepatnya," kata Badan Kesehatan PBB itu.

Mikroplastik didefinisikan sebagai potongan kecil (ukuran kurang dari 5mm) pada segala macam sampah plastik, ditemukan di sungai, danau, sumber air minum, dan air minum kemasan.

Dalam laporan pertama tentang isu ini, WHO mengatakan mikroplastik tampaknya tidak merupakan bahaya bagi kesehatan pada levelnya yang sekarang.

Penelitian yang layak tentang plastik di air baru dimulai dalam beberapa tahun terakhir, jadi bukti yang tersedia sejauh ini sangat terbatas.

Lebih dari itu, penelitian yang dilakukan belum terstandardisasi, dengan para peneliti menggunakan saringan yang berbeda-beda untuk menghitung jumlah partikel plastik yang terkandung dalam berbagai sumber air.

"Untuk mengatakan satu sumber air mengandung 1000 mikropartikel per liter, dan sumber lainnya hanya mengandung satu, bisa tergantung pada ukuran filter yang digunakan," kata Dr. Bruce Gordon dari WHO menjelaskan.

"Kita ada pada titik dimana metode studi yang digunakan agak lemah," ujarnya.

Meski demikian Dr. Gordon mengatakan bahwa riset yang tersedia bisa "cukup menenangkan" bagi konsumen.

Halaman
12
Editor: Sugiyarto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved