Pantai Mukalimus Percontohan Pengendalian Daya Rusak Air di Kepri

Kepala SNVT PJSA BWS Sumatera IV, Alun menjelaskan, proyek pembangunan tembok penahan tanah dari air laut di Pantai Mukalimus merupakan tugas utama pi

Pantai Mukalimus Percontohan Pengendalian Daya Rusak Air di Kepri
Tribun Batam/Dipa Nusantara
Pantai Mukalimus 

Kepala SNVT PJSA BWS Sumatera IV, Alun menjelaskan, proyek pembangunan tembok penahan tanah dari air laut di Pantai Mukalimus merupakan tugas utama pihaknya sepanjang tahun 2018-2019.

Tembok dengan panjang 517 meter ini dilengkapi pula dengan pemasangan material batu sekitar 650-800 kilogram.

“Itu tugas utama kami, dan pemerintah Kabupaten Karimun juga telah berkoordinasi sebelumnya untuk pengerjaan tembok ini kepada kami,” terangnya saat ditemui di ruang kerja.

Alun menambahkan, pembangunan tembok ini sendiri bertujuan untuk melindungi pemukiman warga sekitar pantai dari ancaman abrasi air laut.

Pantai Mukalimus
Pantai Mukalimus (Tribun Batam/Dipa Nusantara)

Menurutnya, hal ini juga untuk melindungi pantai dari kikisan air laut akibat abrasi.

“Program kami itu ada dua. Pertama untuk konservasi sumber daya air seperti membangun tampungan, dan kedua untuk mewujudkan pengendalian daya rusak air, contohnya tembok penahan ini,” jelasnya lagi.

Ia menyebut, beberapa program telah berjalan sepanjang tahun 2019.

Selain tembok penahan di Pantai Mukalimus, beberapa lainnya juga telah dalam tahap penyelesaian.

Seperti, pengerjaan hal serupa di Pulau Putri, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, serta pengerjaan proyek untuk konservasi sumber daya air di Bendungan Sei Gong, Kecamatan Galang, Provinsi Kepulauan Riau.

“Kalau di Sei Gong itu merupakan proyek strategis nasional. Ke depan, kami juga akan membangun tampungan lain seperti pembangunan embung Setokok di Batam,” ungkapnya.

Halaman
123
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved