Sejarah Hari Ini, Lahirnya PAN, Euforia Amien Rais Setelah Tumbangkan Rezim Orde Baru

Sejarah Hari Ini, 21 tahun yang lalu, Amien Rais, Goenawan Mohammad, Hatta Rajasa, Faisal Basri, Rizal Ramli, dan puluhan tokoh lainnya mendeklarasika

Sejarah Hari Ini, Lahirnya PAN, Euforia Amien Rais Setelah Tumbangkan Rezim Orde Baru
Tribunnews.com
Hatta Rajasa (tengah), Zulkifli Hasan (kiri), dan Amin Rais (kanan). 

TRIBUNNEWS.COM - Sejarah Hari Ini, Lahirnya PAN, Euforia Amien Rais Setelah Tumbangkan Rezim Orde Baru.

Sejarah Hari Ini, 21 tahun yang lalu, Amien Rais, Goenawan Mohammad, Hatta Rajasa, Faisal Basri, Rizal Ramli, dan puluhan tokoh lainnya mendeklarasikan berdirinya Partai Amanat Nasional.

Kala itu, sosok Amien Rais sedang dipuja setelah sukses menjadi salah satu aktor utama yang menumbangkan rezim Orde Baru.

Pada peta politik terkini, PAN berada di luar pemerintahan, lantaran mendukung pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

Meski demikian, PAN di bawah pimpinan Zulkifli Hasan menyatakan siap membantu pemerintahan presiden terpilih, Joko Widodo atau Jokowi bersama Maruf Amin.

Dilansir dari pan.or.id, sejarah berdirinya Partai Amanat Nasional (PAN) tak terlepas dari sosok Amien Rais, sang lokomotif gerakan reformasi 1998.

Pasca keberhasilan menumbangkan Orde Baru, Amien Rais dan 49 rekan-rekannya yang tergabung dalam Majelis Amanat Rakyat (MARA) merasa perlu meneruskan cita-cita reformasi dengan mendirikan partai politik baru.

Majelis Amanat Rakyat (MARA) yang merupakan salah satu organ gerakan reformasi pada era pemerintahan Soeharto.

Bersama dengan PPSK Yogyakarta, tokoh-tokoh Muhamadiyah, dan Kelompok Tebet, MARA kemudian membidani lahirnya Partai Amanat Nasional (PAN).

Setelah berhasil turut serta dalam menjatuhkan rezim Orde Baru, Amien Rais (ketua umum Muhammadiyah saat itu) berkeinginan untuk kembali ke Muhammadiyah.

Di sisi lain, Amien Rais justru merasa terpanggil melanjutkan perjuangan setelah meruntuhkan rezim Orde Baru untuk kembali membangun Indonesia.

Baca berita selengkapnya di >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Editor: ade mayasanto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved