Dilantik Presiden Jokowi, Rusli Baco Resmi Jadi Wagub Sulteng

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Wakil Gubernur Sulawesi Tengah sisa masa jabatan tahun 2016-2021 Rusli Baco

Dilantik Presiden Jokowi, Rusli Baco Resmi Jadi Wagub Sulteng
seno
Rusli Baco Dg. Palabbi dilantik Presiden Jokowi sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Tengah sisa masa jabatan tahun 2016-2021, di Istana Negara, Senin (26/8/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Wakil Gubernur Sulawesi Tengah sisa masa jabatan tahun 2016-2021 Rusli Baco Dg. Palabbi di Istana Negara, Senin (26/8/2019).

Pelantikan tersebut berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 66/P Tahun 2019 tanggal 23 Juli 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Sisa Masa Jabatan Tahun 2016-2021.

Baca: Jarak Pandang Hanya 2.000 Meter, Aktivitas Penerbangan di Bandara SSK II Pekanbaru Masih Normal

Baca: Polisi Cianjur yang Terbakar saat Amankan Demo Mahasiswa Meninggal Dunia, Kapolres: Dia Pahlawan

Sebelum pelantikan terdapat penyerahan petikan Surat Keputusan Presiden oleh Presiden Jokowi kepada calon wakil gubernur terpilih itu di Istana Merdeka.

Setelah itu, dilanjutkan dengan prosesi kirab yang dipimpin oleh Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, bersama calon wakil gubernur Sulawesi Tengah dengan berjalan kaki menuju Istana Negara untuk berlanjut pada upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," kata Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

Acara pelantikan tersebut kemudian diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Jokowi dan Jusuf Kalla untuk kemudian diikuti oleh tamu undangan yang hadir.

Tampak hadir sejumlah pejabat negara di antaranya, Ketua MPR yang juga sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Hadir juga, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, politikus PAN Syarifuddin Suding, dan Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Syamsuddin Said.

Rusli menggantikan Wagub Sudarto yang meninggal pada Oktober 2016 silam.

Rusli yang merupakan kader PAN terpilih berdasarkan pemilihan di DPRD Pemprov Sulteng pada Senin 8 Juli 2019.

Dia mengalahkan Andi Mansur Pasande yang merupakan politisi dari PBB.

PAN dan PBB merupakan dua partai pengusung pasangan Longki Djanggola dan Sudarto di Pilgub Sulteng 2015.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved