Pemindahan Ibu Kota Negara

Prabowo Siap Berikan Lahan Bila Digunakan Ibu Kota

Edhy meminta adanya lahan yang kini dikuasai adik Prabowo yakni Hashim Djojohadikusumo tersebut tidak perlu menjadi polemik.

Prabowo Siap Berikan Lahan Bila Digunakan Ibu Kota
Rizal Bomantama/Tribunnews.com
Prabowo Subianto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Gerindra Edhy Prabowo mengatakan bahwa terdapat lahan milik keluarga Prabowo Subianto di salah satu Kabupaten yang ditetapkan Joko Widodo sebagai ibu kota baru Indonesia, yakni Penajam Paser Utara.

Edhy meminta adanya lahan yang kini dikuasai adik Prabowo yakni Hashim Djojohadikusumo tersebut tidak perlu menjadi polemik. Karena menurutnya, Prabowo akan menyerahkan lahan tersebut bila digunakan untuk kepentingan negara.

"Saya pikir kita tidak perlu berpolemik tentang itu. Bicara apapun Pak Prabowo sudah menyampaikan kepada publik kepada kita semua kepada seluruh rakyat Indonesia manakala diperlukan untuk kepentingan negara beliau akan siap untuk memberikan apapun yang beliau miliki," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, (27/8/2019).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo menyambangi Redaksi Kompas Grup di, Menara Kompas, Jakarta, Senin (12/8/2019). Edhy Prabowo berbincang mengenai situasi politik terkini pasca Pilpres 2019. TRIBUNNEWS/DENNIS DESTRYAWAN
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo menyambangi Redaksi Kompas Grup di, Menara Kompas, Jakarta, Senin (12/8/2019). Edhy Prabowo berbincang mengenai situasi politik terkini pasca Pilpres 2019. TRIBUNNEWS/DENNIS DESTRYAWAN (TRIBUN/DENNIS DESTRYAWAN)

Baca: 11 Jam Diperiksa, Kuasa Hukum Yakin Tri Susanti Bebas dari Tuduhan Sebagai Penyebar Ujaran Kebencian

Hal yang sama diutarakan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Gerindra Andre Rosiade. Menurutnya bila ibu kota nantinya berada tepat di atas lahan miliki keluarga Prabowo, maka akan diserahkan untuk kepentingan negara.

"Kalau memang negara membutuhkan Seperti yang disampaikan pak prabowo kalau memang ada lokasi yang terpakai dia akan serahkan untuk negara," katanya.

Menurut Andre lahan miliki Hashim tersebut merupakan perkebunan di wilayah Penajam Paser Utara. Lahan tersebut sudah sejak lama dimiliki oleh Hashim. Saat ini menurutnya ada penggiringan opini seolah olah Prabowo diuntungkan dengan penetapan ibu kota baru di Kaltim.

Baca: Status DKI Akan Dicabut dari Jakarta Setelah Ibu Kota Pindah

"Kita engga tahu ya, mungkin ada penggringan opini bahwa seakan-akan pak Prabowo yang diuntungkan. Padahal sudah jelas bahwa Prabowo akan menyerahkan apapaun untuk kepentingan negara," pungkasnya.

Sebelumnya Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam laman pribadinya disway.id menyebut bahw‎a terdapat lahan miliki Prabowo Subianto di kabupaten yang menjadi ibu kota baru Indonesia.

Menurut Dahlan ketika masih hutan belantara lahan di Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara itu dikuasai oleh perusahaan asing ‎ITCI (International Timber Corporation Indonesia), yang berpusat di Oregon itu. Perusahaan tersebut memiliki hak penebangan hutan yang kayu-kayunya di ekspor ke luar negeri. Kini lahan tersebut tidak dikuasai ITCI lagi melainkan oleh Prabowo Subianto.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved