Resmi Luncur, Kartu Bagi Penyandang Disabilitas Dapat Dana Bantuan Hingga Subsidi Pangan

Diantaranya, gratis naik Transjakarta di 13 koridor, subsidi pembelian barang pangan seperti daging sapi atau ayam, ikan, beras,

Resmi Luncur, Kartu Bagi Penyandang Disabilitas Dapat Dana Bantuan Hingga Subsidi Pangan
Danang Triatmojo/Tribunnews.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kepala Dinas Sosial DKI, Irmansyah dan Direktur Kredit UMK dan Unit Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi saat penyerahan KPDJ, di GOR Matraman, Rabu (28/8/2019). 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi luncurkan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) pada Rabu (28/8). Selain bantuan dana sosial, pemegang kartu multifungsi ini juga bakal mendapat berbagai fasilitas.

Diantaranya, gratis naik Transjakarta di 13 koridor, subsidi pembelian barang pangan seperti daging sapi atau ayam, ikan, beras, dan telur lewat pemanfaatan fungsi Debit ATM, hingga terdaftar sebagai anggota Jakgrosir.

"Tidak hanya itu, pemegang kartu ini juga mendapat fasilitas berbelanja
produk kebutuhan sehari-hari dengan harga murah melalui fungsi Debit ATM Bank DKI," ungkap Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/8/2019).

Baca: Tara Basro Akui Tak Seagresif Wulan, Karakter yang Diperankannya di Film Gundala

Baca: ‎Uji Publik dan Wawancara KPK, Dekan Unej Ditanya Soal Dugaan Plagiarisme hingga Sakit Vertigo

Baca: Dewi Amanda Syuting Film di Malaysia, Genrenya Psychological Thriller

Ia menjelaskan, peluncuran kartu ini adalah bagian dari sinergi bank DKI dengan Dinas Sosial DKI.

Adapun untuk tahap pertama peluncurannya, KPDJ yang sudah didistribusikan sebanyak 7.137 dari 14 ribu target penerima kartu KPDJ.

Kartu ini sejatinya memang diluncurkan dengan tujuan membantu para penyandang disabilitas memenuhi kebutuhan dasar hidupnya, sekaligus meningkatkan kesejahteraan mereka.

Ia mengingatkan kepada nasabah penerima kartu yang tak cakap hukum, dapat didampingi seseorang yang diberi kuasa saat mau bertransaksi.

Syaratnya dengan menyertakan surat kuasa, serta KTP pemberi dan penerima kuasa. Sedangkan bagi penerima KPDJ di bawah umur, bisa diwakili orang tua dan wali dengan menyertakan kartu keluarga dan akte kelahiran.

Herry mengimbau kepada penerima KPDJ agar menarik tunai di mesin ATM Bank DKI supaya tak terkena biaya penarikan.

Lainnya, dia juga meminta agar pemegang kartu tersebut senantiasa berhati-hati untuk tidak menyerahkan kepada orang tak dikenal.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan distribusi 7.137 KPDJ di GOR Matraman, Jakarta Timur, Rabu (28/8).

Para Penyandang Disabilitas bakal mendapatkan Dana Bansos Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) Penyandang Disabilitas sebesar Rp300.000 per bulan.

Dalam kesempatan itu, Anies mengapresiasi sinergi Bank DKI dengan Dinas Sosial DKI. Ia mengatakan, lewat pemberian penghargaan bagi para lansia dan penyandang disabilitas, berdampak pada makin tingginya peradaban bangsa Indonesia.

"Begitu kita bisa menghargai para
lansia, para penyandang disabilitas, maka bangsa kita makin tinggi peradabannya," ujar Anies.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved