Pemindahan Ibu Kota Negara

Soal RUU Pemindahan Ibu Kota, Pemerintah Tunggu Usulan DPR RI

Setelah itu, menurut Tjahjo pemerintah baru akan mengusulkan RUU pemindahan ibu kota kepada DPR RI.

Soal RUU Pemindahan Ibu Kota, Pemerintah Tunggu Usulan DPR RI
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Jusuf Kalla (kedua kiri) beserta Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro (ketiga kiri), Mendagri Tjahjo Kumolo (ketiga kanan), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya (kedua kanan) dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor (kanan) memberikan keterangan pers terkait rencana pemindahan Ibu Kota Negara di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019). Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan keputusan pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan pemerintah saat ini sedang menunggu usulan dari DPR RI soal rancangan undang-undang (RUU) pemindahan ibu kota.

Tjahjo mengatakan pemerintah ingin melihat seperti apa pandangan DPR RI soal RUU pemindahan ibu kota yang kemudian akan dicocokkan dengan versi pemerintah.

“Kan baru saja diumumkan, pemerintah masih ingin melihat seperti apa revisi versi DPR RI, nanti pemerintah akan tindaklanjuti,” ungkap Tjahjo ditemui di Hotel Paragon, Jakarta Barat, Rabu (28/8/2019).

Baca: Punya Istri 4, Politisi Hanura Boyong 3 Istrinya yang Cantik Saat Dilantik Jadi Anggota Dewan

Baca: Menteri PUPR: Butuh Dana Rp 500 Miliar Untuk Bangun Jalan Kawasan di Ibu Kota Baru

Setelah itu, menurut Tjahjo pemerintah baru akan mengusulkan RUU pemindahan ibu kota kepada DPR RI.

“Ya nanti akan diajukan ke DPR RI, masih panjang prosesnya,” tegas Tjahjo.

Sebelumnya Tjahjo memastikan bahwa Presiden Joko Widodo sudah mengirimkan surat kepada DPR RI terkait regulasi yang harus dibahas bersama antara pemerintah dan DPR RI terkait RUU pemindahan ibu kota.

Tjahjo mengatakan ada sejumlah regulasi yang perlu dibenahi untuk mewujudkan rencana pemindahan ibu kota ke kawasan Kalimantan Timur tersebut.

Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved