Butuh Sosok Komprehensif untuk Daya Ungkit Pertumbuhan Ekonomi Sektor Kelautan

Peningkatan kualitas SDM sangat relevan dan sudah saatnya ewujudkan SDM unggul dengan melakukan akselerasi dan bersinergi

Butuh Sosok Komprehensif untuk Daya Ungkit Pertumbuhan Ekonomi Sektor Kelautan
SERAMBI INDONESIA DAILY/SERAMBI/BUDI FATRIA
Boat nelayan tertambat di Pelabuhan Perikanan Samudera, Lampulo, Banda Aceh 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi mengatakan, Perekonomian Indonesia baru bisa ditingkatkan bila kita memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan inovatif dalam menyongsong era industri 4.0 dan pertumbuhan ekonomi kita yang masih di bawah 7 persen.

Poin penting pidato kenegaraan Presiden Jokowi ini mendapat respon positif dari berbagai pengamat dan kalangan ekonomi, salah satunya dari Mohammad Faisal, Direktur CORE Indonesia.

Menurut Faisal, peningkatan kualitas SDM sangat relevan, dan sudah saatnya untuk kita mewujudkan SDM unggul, dengan melakukan akselerasi dan bersinergi dengan berbagai pihak.

“Pembangunan SDM dimensinya luas, dan kita harus siapkan SDM berdaya saing unggul di dalam dan luar negeri,” ujar Faisal, Kamis (29/8/2019). 

Menurutnya, apa yang Presiden Jokowi sampaikan, terutama dalam hal menciptakan dan mewujudkan SDM unggul merupakan kerja yang mesti dilakukan untuk periode kedua atau masa lima tahun ke depan.

“Program atau agenda ini tentunya memerlukan fokus approach untuk menjadi kerja efisien dan efektif dengan hasil maksimal,” tambah alumni S1 Jurusan Teknik Planologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.

Hal ini merupakan program pembangunan yang sinerginya harus diarahkan pemerintah.

Baca: SDM Indonesia Unggul di Bidang Kelautan, Perikanan dan Kemaritiman

Dalam hal SDM, harus dilakukan akselerasi atau percepatan dan vokasi atau pengarahan SDM berdasarkan keahliannya.

"Misal lulusan SMA dan SMA harus diarahkan dengan training yang membekali keahlian selanjutnya supaya menciptakan tenga kerja yang memiliki daya saing unggul,” kata Faisal.

Faisal lebih jauh mengatakan, kita memiliki kemampuan untuk mewujudkan SDM unggul dan berinovasi.

Halaman
123
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved