Pandangan Cak Imin soal Konflik di Papua

Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meminta penyelesaian kerusuhan di Papua berlandaskan rasa kebersamaan dan persaudaraan

Pandangan Cak Imin soal Konflik di Papua
Fahdi Fahlevi/Tribunnews.com
Muhaimin Iskandar 


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meminta penyelesaian kerusuhan di Papua berlandaskan rasa kebersamaan dan persaudaraan.

Ia meminta semua pihak menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dalam meredam kerusuhan yang sudah menjalar hingga wilayah Jayapura tersebut.

"Oleh karena itu mari kita kuatkan komitmen kebersamaan ini dengan penuh kemanusiaan dan persaudaraan. Semua hal perbedaan pendapat sah-sah saja asal tetep menjaga persahabatan kekeluargaan dan toleransi di antara kita," katanya di Kompleks Parlemen, senayan, Jakarta, Jumat (29/8/2019).

Menurut Cak Imin, keputusan Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur) dulu mengubah nama Irian Jaya menjadi Papua merupakan bukti bahwa masyarakat Bumi Cendrawasih tersebut merupakan saudara.

"Itu bukti bahwa komitmen kebersamaan kita sebagai keluarga, total. Lalu disahkanlah perubahan Irian Jaya menjadi Papua. Itu karena kecintaan gus dur, kita semua, kepada sahabat saudara kita semua dari Papua," tuturnya.

Oleh karena itu menurut Cak Imin, rasa persaudaraan tersebut harus tetap dijaga.

Sehingga Indonesia tetap dikenal sebagai negara yang besar yang terdiri dari beragama suku agama, ras, budaya,dan lainnya.

Baca: KPK Butuh Pemimpin yang Berdiri Tegak Lurus di Mata Hukum

Baca: TERKINI Kerusuhan Jayapura: Daftar Gedung yang Dibakar Massa, dari Kantor Pemerintahan hingga Hotel

Sebelumnya, kerusuhan di Papua tidak kunjung mereda.

Setelah kerusuhan pertama pecah di Manokwari, Sorong, Fak-fak, Abepura, dan Deiyai, kini kerusuhan terjadi di Jayapura, ibu kota bumi Cendrawasih tersebut.

Kondisi bahkan masih mencekan hingga Jumat (30/8/2019) dini hari. Akibatnya, ribuan warga pilih mengungsi ke markas TNI.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved