Kerusuhan Papua, Ada 46 Tersangka, Benny Wenda Disebut Wiranto Sebagai Penghasut

Deretan fakta kerusuhan Papua, Menko Polhukam tetapkan 46 tersangka, Benny Wenda bagian dari konspirasi, PLN Merugi Rp 1,9 Miliar

Kerusuhan Papua, Ada 46 Tersangka, Benny Wenda Disebut Wiranto Sebagai Penghasut
IST
Puluhan mahasiswa Papua kembali mengibarkan Bendera Bintang Kejora dalam aksi demonstrasi menuntut referendum di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (28/8). Di aksi ini mereka menuntut Presiden Jokowi menemui massa. Ada sekitar 4 buah bendera Bintang Kejora yang dikibarkan di depan Istana Negara oleh massa dari Papua menggunakan batang bambu. Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, sejumlah mahasiswa terlihat mengibarkan bendera Bintang Kejora persis di depan Istana Merdeka. Ada empat bendera bintang 

TRIBUNNEWS.COM - Deretan fakta kerusuhan Papua, Menko Polhukam tetapkan 46 tersangka, Benny Wenda bagian dari konspirasi, PLN Merugi Rp 1,9 Miliar.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyebut ada 46 tersangka terkait kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

Rinciannya, tersangka kerusuhan di Jayapura berjumlah 28 orang.

Kemudian, di Manokwari 10 orang, di Sorong tujuh orang, dan di Fakfak satu orang.

Dikutip dari Kompas.com, Wiranto menambahkan, polisi terus melakukan penyidikan untuk mendalami peran masing-masing tersangka dan segera melimpahkannya ke pengadilan.

Di sisi lain, Wiranto pun mengingatkan aparat TNI dan Polri yang bertugas di Papua dan Papua Barat untuk mengedepankan cara-cara persuasif.

"Presiden telah memerintahkan persuasif, edukatif, kompromis, bahkan beliau juga mengedepankan satu perintah bahwa TNI-Polri dikirim kesana sebagai tambahan kekuatan untuk melindungi masyarakat agart tidak menjadi korban," lanjut dia.

Diberitakan, dugaan tindakan rasis terhadap mahasiswa asal Papua di Kota Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu, berbuntut panjang.

Terjadi kerusuhan di beberapa kota, antara lain Manokwari, Sorong, Fakfak, dan Mimika.

Selain itu, demo di Kota Jayapura juga berakhir ricuh pada Kamis (29/8/2019).

BACA SELENGKAPNYA>>>

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved