Urban Farming Jadi Solusi dalam Penguatan Ketahanan Pangan

Pertanian yang memanfaatkan lahan pekarangan di kota, termasuk rumah dan perkantoran ini, diharapkan menjadi salah satu solusi dalam penguatan

Urban Farming Jadi Solusi dalam Penguatan Ketahanan Pangan
Istimewa
Pengurus Pusat Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Urban farming atau bertani di perkotaan tengah meningkat beberapa tahun terakhir.

Pertanian yang memanfaatkan lahan pekarangan di kota, termasuk rumah dan perkantoran ini, diharapkan menjadi salah satu solusi dalam penguatan ketahanan pangan.

Hal inilah salah satunya yang melatarbelakangi Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) untuk menyelenggarakan Pelatihan Urban Farming/Bercocok tanam untuk rumah tangga yang akan dilaksanakan di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (Balitbang) Jakarta, Selasa esok, (3/9/2019).

Baca: Pesaing Pesawat Siluman F-35, Jet Tempur Rusia Su-57 Dipamerkan di MAKS Air Show

Baca: Duet Abdul Aziz dan Omid Nazari Mulai Padu, Bagaimana Nasib Hariono di Lini Tengah Persib Bandung?

Baca: Fakta Unik Jepang, Adakan Festival Ribuan Pria Telanjang di Depan Umum

Miranti Kono, ketua panitia pelaksana, mengatakan pelatihan ini nantinya akan dilatih oleh instruktur berpengalaman, dan akan diberikan beberapa materi penting terkait urban farming.

"Diantaranya: pengenalan cara bertanam sayuran, buah-buahan hidroponik, cara membuat pupuk hingga cara mengolah hasil tanam," paparnya, melalui rilisnya, kepada wartawan, di Jakarta, Minggu (1/8/2019)..

Sementara itu, Ketua Umum KPPG yang juga Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian menyatakan dukungannya secara maksimal. "Saatnya perempuan sebagai penggerak sektor rumah tangga terlibat langsung," jelasnya, melalui rilisnya, kepada wartawan, di Jakarta, Minggu (1/8/2019).

Lebih lanjut Hetifah menyampaikan, Urban farming diharapkan menjadi solusi dalam mendukung ketahanan pangan. "Dengan semakin sempitnya lahan untuk pertanian di perkotaan maka urban farming diharapkan perannya diantaranya dalam menyediakan kebutuhan pangan yang dimulai dari keluarga," tutupnya. (*)

Penulis: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved