Jokowi ke Menterinya: Kita Ini Jangan Kayak Pejabat Minta Dilayani

Oleh sebab itu, Jokowi mengimbau menterinya tidak bersikap agar dilayani oleh investor.

Jokowi ke Menterinya: Kita Ini Jangan Kayak Pejabat Minta Dilayani
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Jusuf Kalla (kanan) memberikan keterangan pers terkait rencana pemindahan Ibu Kota Negara di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019). Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan keputusan pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan jajaran menterinya untuk terus mengikuti perkembangan investor yang ingin berinvestasi di Indonesia hingga terealisasi. 

Oleh sebab itu, Jokowi mengimbau menterinya tidak bersikap agar dilayani oleh investor. 

"Dampingi mereka sampai terealisasi, kita ini jangan kayak pejabat minta dilayani. Kita melayani," ucap Jokowi dalam rapat terbatas antisipasi perkembangan ekonomi dunia di kantor Presiden, Jakarta, Rabu (4/9/2019). 

Menurutnya, persoalan investasi bukan hanya persoalan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) saja, tetapi juga urusan semua kementerian terkait seperti Kementerian Pertanian, Kementerian BUMN, Kementerian Perindustrian dan lainnya. 

Baca: Penuh Tipu Daya, Pemotor Cuma Pakai Helm dari Pisang Bisa Lolos Razia Polisi

"Saya minta perusahaan-perusahaan yang sudah masuk, sudah buka pintu ke kita, tapi belum realisasi, tolong dalam seminggu ini juga diinvetarisir dan nanti disampaikan kepada saya, ada problem apa," tutur Jokowi

Jokowi melihat saat ini ada dua perusahaan asing yang ingin masuk ke Indonesia, tapi hingga saat ini belum dapat direalisasikan karena masih terdapat hambatan di dalam negeri. 

"Misalnya kayak kemarin petrochemical yang dari Taiwan ada probelm masalah tanah dengan Pertamina, padahal investasinya gede banget. Misalnya, Aramco tidak mau masuk-masuk karena apa dari Saudi," tuturnya. 

Baca: Suap untuk Bowo Sidik Tidak Diketahui Komisaris PT HTK

Masih adanya hambatan yang dialami investor asing, Jokowi pun meminta jajaran menterinya untuk mengecek aturan yang ada saat ini secara satu per satu dengan baik dan akhirnya memudahkan investasi asing masuk ke Indonesia. 

"Jadi tolong menteri-menteri berikan pelayanan baik bagi investasi yang memang menjadi sebuah solusi atau jalan keluar dari tadi yang sudah saya sampaikan (potensi kriris ekonomi global)," tutur Jokowi

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved