KPPG Gelar Pelatihan Urban Farming, Solusi Pertanian di Perkotaan

Ia juga menambahkan, perempuan yang merupakan tonggak ketahanan pangan dalam keluarga perlu mengikuti pelatihan ini.

KPPG Gelar Pelatihan Urban Farming, Solusi Pertanian di Perkotaan
Istimewa
Pelaksana Harian (Plh) Kepala BPTP Syarifah Aminah (kedua kiri) menyerahkan Tanaman kepada Ketua Umum Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) Hetifah Sjaifudian (kedua kanan) bersama Sekretaris Jenderal KPPG Tetty Kady (kanan) dan Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan Urban Farming/Bercocok Tanam Miranti Kono (tengah). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) mengadakan Pelatihan Urban Farming/Bercocok Tanam untuk rumah tangga, Selasa (4/9/2019). Acara yang diadakan dari pagi hingga sore ini diikuti sekitar 70 orang dan dibuka oleh PLH Kepala BPTP Jakarta Syarifah Aminah.

Turut hadir Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, MPP selaku Ketua Umum PP KPPG , dalam sambutannya Hetifah mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan cara menjawab tantangan ke depan khususnya bagi perempuan, untuk berperan aktif dalam ketahanan pangan.

“Tentu kita semua tahu bahwa ketahanan pangan kita ke depan semakin terancam, dikarenakan semakin sempitnya lahan pertanian di kota, meningkatnya jumlah penduduk, dan perubahan iklim,” terangnya.

Baca: Ria Ricis Mengaku Depresi Lantaran Video Pamitannya di YouTube Kena Bully

Baca: Kisah Cinta Narji yang Rayu Pramugari Sampai Diusir Pilot

Ia juga menambahkan, perempuan yang merupakan tonggak ketahanan pangan dalam keluarga perlu mengikuti pelatihan ini.

Selain itu Miranti Kono sebagai Ketua Pelaksana menambahkan, para peserta mendapatkan materi serta praktek langsung di lapangan, selain itu mereka akan dibekali bibit tanaman sayur supaya bisa langsung mempraktikkan di rumah.

Baca: Kabar Duka, Putri Kedua Qari Muda Muzammil Hasballah Meninggal Dunia Dalam Usia Sehari

Baca: 5 Fakta Kasus Ibu Bunuh Bayi di Bandung, Dapat Bisikan Gaib hingga Terindikasi Gangguan Mental

“Peserta tadi mendapatkan materi terkait Inovasi Teknologi Urban Farming, kemudian praktek terkait penanaman sistem pot, wall garden, hidroponik, vertiminaponik, walqaponik, roof garden, microgreen, vermicomposting, budidaya kelinci sampai mengolah sayuran menjadi smoothies" jelasnya.

Salah satu peserta, Efin Soehada menyatakan apresiasinya dalam kegiatan ini.

"Kegiatan ini mengajarkan kita hal-hal baru yang sangat bermanfaat bagi keluarga kita sendiri, diantaranya: penanaman, pembibitan, pemupukan, pemeliharaan, serta kegiatan paska panen."

Lebih jauh menurut Efin, hidup sehat melalui penyediaan pangan mandiri yang terjamin kesehatannya selayaknya menjadi gaya hidup pilihan keluarga guna menciptakan manusia-manusia sehat yang tidak rentan sakit dan menjadi lebih produktif, tutupnya.

Penulis: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved