Formappi: Nasdem Satu-satunya Parpol di DPR yang Berhasil Penuhi Kuota 30 Persen Perempuan

Formappi menyebut Partai Nasdem menjadi satu-satunya partai politik yang berhasil memenuhi kuota 30 persen perempuan duduk di DPR RI.

Formappi: Nasdem Satu-satunya Parpol di DPR yang Berhasil Penuhi Kuota 30 Persen Perempuan
Reza Deni
Peneliti Formappi, Lucius Karus di kantornya, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (14/9/2018) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menyebut Partai Nasdem menjadi satu-satunya partai politik yang berhasil memenuhi kuota 30 persen perempuan duduk di DPR RI.

Hal tersebut terungkap dalam diskusi bertajuk 'Meneropong DPR 2019-2024 berdasarkan Kajian Anatomi Caleg Terpilih Pemilu 2019'.

"Satu-satunya parpol (partai politik) yang berhasil memenuhi kuota 30 persen perempuan, hanya Nasdem (sebanyak) 32,2 persen," Peneliti Formappi Lucius Karus dalam agenda yang digelar di Kantor Formappi, Matraman, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2019).

Baca: Pengakuan Istri yang Bayar Orang Sebesar Rp 50 Ribu untuk Bunuh Suaminya : Sudah Habis Penyesalanku!

Baca: Buat Teler Anak Tiri Sebelum Dibekap, Aulia Sembunyikan Botol Whiskey di Mobil Setelah Korban Tewas

Perlu diketahui, dalam melakukan kajiannya, Formappi menggunakan metodologi berupa sumber data serta dokumen resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan dokumen pendukung lainnya.

Berdasar pada perolehan jumlah kursi parlemen, partai Nasdem memiliki 19 kursi untuk perempuan dan 40 kursi untuk laki-laki.

14 anggota DPR terpilih belum lapor LHKPN

14 anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 masih belum menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke KPU.

Komisioner KPU RI Pramono Ubaid mengira keterlambatan caleg terpilih menyerahkan kewajiban tersebut bukan karena adanya persoalan dalam proses administrasi di KPK.

"Sejauh pengetahuan kami, tidak ada kendala apapun dari KPK," kata Pramono Ubaid kepada Tribunnews.com, Kamis (5/9/2019).

Halaman
1234
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved