Kabinet Jokowi

Pengamat: Tanpa Usulan Pasti Jokowi Lakukan Uji Kelayakan dan Kepatutan Pilih Menteri

Namun ia mengusulkan agar Presiden Jokowi juga menyertakan KPK dan lembaga-lembaga lain yang kompeten untuk mencek rekam jejak para calon menteri.

Pengamat: Tanpa Usulan Pasti Jokowi Lakukan Uji Kelayakan dan Kepatutan Pilih Menteri
Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Jokowi dalam pidato Sidang Tahunan MPR di Ruang Rapat Paripurna MPR, Gedung Nusantara 1, Jakarta, Jumat (16/8/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) yakin Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) untuk memilih menterinya.

Para pakar hukum tata negara merekomendasikan Presiden Joko Widodo melakukan uji kepatutan dan kelayakan ( fit and proper test) terhadap mereka yang akan duduk di kursi menteri pada kabinet pemerintahan periode 2019-2024.

Rekomendasi tersebut dipaparkan dalam konferensi pers Konferensi Nasional Hukum Tata Negara di Hotel JS Luwanda, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (4/9/2019).

"Sebetulnya tanpa usulan tersebut pun pasti Presiden sudah melakukan uji kelayakan dan kepatutan itu," ujar pengamat politik dari Formappi, I Made Leo Wiratma kepada Tribunnews.com, Kamis (5/9/2019).

Namun ia mengusulkan agar Presiden Jokowi juga menyertakan KPK dan lembaga-lembaga lain yang kompeten untuk mencek rekam jejak para calon menteri.

Baca: Ayah Siswa SMK Magang Hilang 9 Tahun Minta Bantuan SBY, Jokowi & Susi Pudjiastuti, Tak Direspon

"Tujuannya untuk mencari informasi apakah calon menteri itu sudah memenuhi kriteria punya integritas, kapasitas, dan kapabilitas menjadi menteri," ucapnya.

Namun kata dia, hal itu tidak mengikat karena keputusan akhir tetap di tangan Presiden. Sebab semua pertanggungjawaban atas kinerja menteri juga berada di tangan Presiden.

"Patut kita hormati bahwa penentuan menteri-menteri adalah hak prerogatif Presiden. Jadi tanpa ikut campur pihak manapun, orang yang menjadi pilihan menteri oleh Presiden adalah sah," tegasnya.

Apakah usulan ini bisa menghasilkan menteri yang profesional dalam menjalakan visi dan misi Jokowi?

Menurut dia, itu sangat tergantung pada orang yang dipilih.

Halaman
123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved