Polri Sebut 3 Terduga Teroris di Palu Merupakan Pendatang

Mabes Polri mengungkap bahwa tiga terduga teroris yang ditangkap di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (3/9) kemarin, merupakan pendatang.

Polri Sebut 3 Terduga Teroris di Palu Merupakan Pendatang
Vincentius Jyestha
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes Polri mengungkap bahwa tiga terduga teroris yang ditangkap di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (3/9/2019) kemarin, merupakan pendatang.

Ketiganya, yakni ZA alias Enal, A bin U alias Angga, dan AS alias Putra alias Siregar, bukanlah warga asli daerah tersebut dan berasal dari luar Sulawesi Tengah.

"Semuanya berasal di luar dari Sulawesi Tengah," ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2019).

Baca:  Contoh Soal CPNS 2019 dan P3K/PPPK Ramai Beredar Jelang Pendaftaran Dibuka, Begini Tanggapan BKN

Baca: Emosi Pukul Istri Pakai Besi Hingga Tewas, Evid Langsung Menyerahkan Diri, Ini Kronologinya

Baca: Benny Wenda Akhirnya Bicara soal Kerusuhan Papua, Ancam Papua Bisa Menjadi Timor Timur Berikutnya

Ia menjelaskan bahwa tersangka berinisial ZA diketahui berasal dari Sulawesi Tenggara, A bin U berasal dari Sulawesi Selatan, dan AS berasal dari Medan.

Oleh karenanya, mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu mengatakan pihaknya akan mendalami keterkaitan para terduga teroris tersebut dengan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di masing-masing daerah asalnya.

"Dari berbagai macam asal yang bersangkutan, didalami misalnya yang dari Sultra, Sulsel, dia masuk nggak ke jaringan JAD yang ada di sana, yang di Sumut dia masuk nggak ke dalam jaringan JAD Sibolga, itu masih didalami semuanya," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Mabes Polri mengkonfirmasi bahwa Densus 88 Antiteror telah menangkap tiga terduga teroris di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (3/9) kemarin.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan tiga terduga teroris itu akan bergabung dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora.

"Keterlibatan tiga tersangka adalah akan bergabung ke kelompok MIT pimpinan Ali Kalora," ujar Dedi, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2019).

Dedi mengungkap identitas ketiganya, antara lain berinisial ZA alias Enal, A bin U alias Angga, dan AS alias Putra alias Siregar.

Penangkapan para terduga teroris ini sendiri berawal dari penangkapan terhadap ZA alias Enal yang ditangkap di Jalan Trans Sulawesi, Kecamatan Taiwei, Sulawesi Tengah, Selasa (3/9).

Setelahnya, mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu menuturkan Densus 88 menangkap A bin U alias Angga, dan terakhir AS alias Putra alias Siregar di lokasi berbeda-beda.

Lebih lanjut, ia mengatakan Densus 88 masih terus melakukan pemeriksaan dan pendalaman terhadap ketiga terduga teroris itu.

"Saat ini ketiga tersangka sedang dilakukan pendalaman pemeriksaan oleh densus 88 keterkaitan dengan JAD Sulawesi Tengah, akan didalami juga dengan beberapa tersangka yang sudah ditangkap yang menyangkut jaringan MIT," tandasnya.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved