Cetak Sejarah PDIP Menang di Jatim, Hasto Beri Himbauan Kepada Anggota Legislatif

Menurut Hasto, menjadi anggota legislatif termasuk legislator Jawa Timur adalah tugas yang mengemban sebuah tanggung jawab.

Cetak Sejarah PDIP Menang di Jatim, Hasto Beri Himbauan Kepada Anggota Legislatif
Fransiskus Adiyudha/Tribunnews.com
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto di Hotel Utami, Sidoarjo, Kamis (5/9/2019) malam. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kader PDI Perjuangan diharapkan memperlihatkan kesadaran ideologi yang tinggi, memiliki kesadaran politik, kesadaran berpartai yang tinggi, memiliki kesadaran untuk menerapkan ilmu pengetahuan teknologi terapan dan menjadi kader pelopor yang hidup ditengah masyarakat.

Harapan itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat memberikan pengarahan pada acara pendidikan kader partai bagi anggota legislatif Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur di Hotel Utami, Sidoarjo, Kamis (5/9/2019) malam.

Menurut Hasto, menjadi anggota legislatif termasuk legislator Jawa Timur adalah tugas yang mengemban sebuah tanggung jawab.

"PDI Perjuangan mempersiapkan seluruh anggota legislatif dengan baik melalui tahapan kontes ketika mereka mau dicalonkan. Dan kemudian penugasan di lapangan.

Baca: Pengangkatan Dewan Pengawas KPK Melalui Proses Seleksi

Baca: Berlangganan Netflix dan Spotify Siap-siap Kena Pajak

Baca: Gibran Disindir soal Jualan Batu, Kaesang Pangarep: Habis Ini Saya Jualan Batu, Katanya Laris

Pada hari ini setelah mereka dilantik, kami berikan pembekalan tentang aspek-aspek ideologis, tata kelola partai dan juga fungsi legislasi, fungsi anggaran, pengawasan.

Dan yang tidak kalah penting adalah fungsi representasi diberikan penekanan khusus agar seluruh kader partai siap untuk betul-betul hadir sebagai partai pelopor yang ditandai dengan disiplin dalam ideologi, organisasi, teori, pergerakan untuk rakyat dan dalam perilaku," ungkap Hasto.

Karena itulah melalui pendidikan partai ini diharapkan semua anggota legislatif PDIP siap. Apalagi pada Kongres V PDIP telah menyatakan diri sebagai partai pelopor.

"Sebagai partai pelopor, mengandung sebuah tanggung jawab bagaimana kita disiplin tidak hanya berideologi, tapi juga berdisplin dalam teori, berdisplin berorganisasi, berdisplin pergerakan di tengah rakyat, dan berdisplin dalam berperilaku," tegas Hasto.

Hasto dalam kesempatan itu juga memberikan medali sebagai penghargaan kepada kader yang meraih suara terbesar saat pemilu legislatif di Jawa Timur.

Hal itu dilakukan untuk semakin menyemangati para legislator yang baru saja dilantik itu, Hasto pun memutarkan video berisi pesan-pesan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri saat di Kongres V PDIP beberapa waktu lalu.

"Diharapkan seluruh anggota legislatif yang telah terpilih dapat menggunakan momentum pelatihan ini menggembleng dan membangun semangat gotong royong," tambahnya.

Hasto juga menegaskan disiplin dalam perilaku dikedepankan. Karena kepercayaan rakyat yang diberikan kepada PDI Perjuangan, khususnya pertama kali menang di Jatim mengandung sebuah tanggung jawab bagi masa depan.

"Kami akan gunakan kemenangan itu sebagai tanggung jawab untuk membangun rakyat Jatim dengan lebih baik dengan penuh tanggung jawab. Kami akan berikan sanksi tegas apabila ada yang menyalahgunakan kekuasaan dengan korupsi," ucapnya.

Acara konsolidasi itu sendiri dihadiri oleh sejumlah kepala daerah PDIP di Jawa Timur. Diantaranya adalah Bupati Ngawi Budi Sulistyono yang akrab disapa Mas Kanang, serta Wakil Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved