Seleksi Pimpinan KPK

10 Capim Jalani Tes Pembuatan Makalah dengan 14 Topik

Sebelum uji kelayakan dan kepatutan, para Capim akan menjani tes pembuatan makalah di Komisi III DPR RI

10 Capim Jalani Tes Pembuatan Makalah dengan 14 Topik
dpr.go.id
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond Junaedi Mahesa. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - 10 Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR RI untuk kemudian dipilih 5 terbaik.

Sebelum uji kelayakan dan kepatutan, para Capim akan menjani tes pembuatan makalah di Komisi III DPR RI, pada Senin (9/9/2019).

"Topik ada 14, tinggal calon-calon ini pertama tentu mengambil 2 kartu," kata Wakil Ketua Komisi III, Desmond Mahesa di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, (9/9/2019).

Dua kartu tersebut yakni satu berisikan topik untuk dibuat makalah, sementara satu lagi untuk uji kelayakan dan kepatutan yang akan digelar pada Selasa dan Rabu esok.

Baca: Soal Efektivitas Ganjil-Genap Mulai Berlaku Hari Ini, Anies: Kita Lihat Laporannya Sore Nanti

Adapun topik yang akan menjadi bahan para Capim untuk membuat makalah yakni seputar Penyidikan serta rencana pemberian kewenangan SP3 kepada KPK, selain itu mengenai wacana adanya dewan pengawas KPK, serta mengenai kinerja KPK selama ini.

" (KPK) ada kemajuan egga? Ada perubahan engga masyarakat dengan adanya lembaga ini. Lalu apakah calon-calon ini memahami sekian banyak problem atau tidak," katanya.

Hasil pembuatan makalah tersebut nantinya akan menjadi bahan Komisi III melakukan fit and proper tes kepada para Capim. Jawaban para calon sangat menentukan hasil seleksi.

"Nah tentunya bagi anggota yang akan menyeleksi, 14 pertanyaan ini kan hasil diskusi persoalan-persoalan yang hari ini jadi catatan-catatan bagaimana baik buruk KPK ke depan. 14 (topik/pertanyaan) ini jadi patokan kami," pungkasnya.

Adapun 10 nama calon pimpinan KPK yang diserahkan Presiden Jokowi yang kemudian dikirim ke DPR untuk uji kelayakan dan kepatutan, di antaranya :

1.Alexander Marwata – (Komisioner KPK)
2. Firli Bahuri – (Anggota Polri)
3. I Nyoman Wara – (Auditor BPK)
4. Johanis Tanak – (Jaksa)
5. Lili Pintauli Siregar – (Advokat)
6. Luthfi Jayadi Kurniawan – (Dosen)
7. Nawawi Pomolango – (Hakim)
8. Nurul Ghufron – (Dosen‎)
9. Roby Arya – (PNS Sekretaris Kabinet)
10. Sigit Danang Joyo – (PNS)

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved