Seleksi Pimpinan KPK

Dituding Ada Lobi Dengan Desmond, Saut Situmorang: Saya Mati Detik Ini Juga Kalau Ada

Saut mengatakan, pertemuan dengan politikus Gerindra itu adalah seni dalam bernegosiasi. Hal itu wajar, selama memang tidak melakukan pelanggaran atur

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menegaskan lobi-lobinya dengan Wakil Ketua Komisi III DPR Fraksi Gerindra Desmond J Mahesa tidak terjadi proses transaksional ataupun deal politik.

Desmond sebelumnya menyebut Saut Situmorang pernah melakukan lobi-lobi ketika sebelum menjabat sebagai salah satu pimpinan KPK.

"Saya sama Om Desmond tidak transaksional atau janji-janji bahkan setelah di KPK saya mati detik ini juga kalau ada bahas kasus atau ketemu dia di mana, kecuali di Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi III dan KPK," tegas Saut kepada wartawan, Senin (9/9/2019).

Saut mengatakan, pertemuan dengan politikus Gerindra itu adalah seni dalam bernegosiasi. Hal itu wajar, selama memang tidak melakukan pelanggaran aturan hukum yang berlaku.

Baca: Selasa dan Rabu Besok Komisi III Gelar ‘Fit and Proper Test’ Capim KPK

"Jadi apa yang disampaikan Om Desmond itu baik, tak apa-apa agar jadi pembelajaran, the art of negotiates itu perlu dipelajari. Yang tak boleh itu kalau pidana, kampanye selama tak pakai transaksional itu baik, boleh, datanglah dengan konsep," ujar Saut.

Setelah lobi-lobi itu, Saut mengakui tidak pernah melakukan komunikasi apapun kepada Desmond. Pertemuannya itu hanya dilakukan sekali ketika makan siang di salah satu restoran.

"Desmond itu keren. Lepas dia pilih saya atau tidak bahkan dia tidak pernah kontak saya dan sebaliknya," kata Saut.

Di sisi lain, Saut menyatakan, proses negosiasi yang dilakukannya bisa juga dilakukan para calon pimpinan KPK yang saat ini sedang berlomba menjabat kursi pimpinan KPK. Selama hal itu tidak membahas soal transaksional dan deal politik apapun.

"Mungkin model ini baik diterapkan oleh 10 calon pimpinan KPK yang akan dipilih," ujar Saut.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved