Breaking News:

Rusuh di Papua

Polisi Sebut FBK Gerakkan Tokoh Aliansi Mahasiswa Papua dan Aktor Lapangan dalam Kerusuhan

FBK telah ditetapkan sebagai tersangka terkait aksi kerusuhan di Papua dan Papua Barat. Ia diduga berperan sebagai aktor intelektual.

Tribunnews.com/ Vincentius Jyestha
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (4/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - FBK telah ditetapkan sebagai tersangka terkait aksi kerusuhan di Papua dan Papua Barat. Ia diduga berperan sebagai aktor intelektual.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan FBK ternyata memiliki peran menggerakkan tokoh-tokoh yang tergabung dalam aliansi mahasiswa Papua.

"Dia (FBK) masuk ke dalam kategori sebagai aktor intelektual di lapangan. Menggerakkan beberapa tokoh yang tergabung dalam aliansi mahasiswa Papua yang ada di Jawa maupun yang terkoneksi di Papua juga," ujar Dedi, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (9/9/2019).

Baca: Koalisi Masyarakat Sipil Papua Buka Posko Pengaduan

Menurutnya, yang bersangkutan diketahui menggerakkan aktor-aktor lapangan dalam kerusuhan di Bumi Cendrawasih. Ia juga menuturkan FBK menggerakkan orang-orang tersebut melalui medsos dan juga secara langsung.

"Dia menggerakkan dari sisi akar rumput, kemudian menggerakkan dari aktor lapangan kerusuhan yang ada di Jayapura maupun di beberapa wilayah di Papua. Ada (yang digerakkan) langsung, secara direct langsung, melalui komunikasi medsos itu kita sedang dalami semuanya," ucapnya.

Lebih lanjut, mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu menjelaskan bahwa FBK ditangkap di Papua saat akan berangkat ke Wamena.

"Yang bersangkutan ditangkap di Papua, ketika akan berangkat ke Wamena," tandasnya.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved