BJ Habibie Meninggal Dunia

Jokowi dan Putra Habibie : Almarhum BJ Habibie Banyak Tinggalkan Jasa untuk Bangsa Indonesia

Jenazah presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata,Jakarta Selatan Kamis (12/9/2019)

Jokowi dan Putra Habibie : Almarhum BJ Habibie Banyak Tinggalkan Jasa untuk Bangsa Indonesia
Fitri Wulandari/Tribunnews.com
Jenazah Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie saat hendak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019) siang. 

TRIBUNNEWS.COM - Jenazah presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Kamis (12/9/2019).

Setelah sebelumnya disemayamkan dirumah duka di Jalan Patra Kuningan XII Blok L15 NO 5, Setiabudi, Jakarta Selatan, jenazah BJ Habibie tiba di TMP Kalibata sekitar pukul 13.30 WIB.

Dilakukan dengan upacara militer, jenazah BJ Habibie dimakamkan disamping makam sang istri, Hasri Aiunun Besari atau dikenal Ainun Habibie.

Turut hadir berbagai berbagai tokoh nasional diantaranya Presiden Joko Widodo (Jokowi), Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri serta tokoh nasional lainnya.

Dalam upacara pemakaman tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan pandangannya mengenai sosok Presiden ke-3 RI BJ Habibie yang juga dikenal dengan bapak teknologi.

Menurutnya seluruh rakyat Indonesia berkabung atas wafatnya BJ Habibie, sosok Habibie di mata Jokowi yakni seorang ilmuwan yang dikenal dengan kata-katanya, "Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Ilmu Pengetahuan, Iman dan Taqwa harus bersatu."

Baca: Menag RI Bacakan Doa untuk BJ Habibie

Jokowi mengatakan di masa mudanya, Pria kelahiran Pare-Pare Sulawesi Selatan tersebut sudah memikirkan tentang bangsa Indonesia.

Tak hanya berfikir untuk bangsa Indonesia satu atau dua tahun kedepan, namun telah berfikir jauh untuk 50 kedepan hingga 100 tahun kedepan agar bangsa Indonesia bisa maju.

Selain itu, Jokowi dalam sambutannya juga mengenang karya BJ Habibie di dunia penerbangan yang menginspirasi anak dalam negeri untuk belajar dan berusaha membuat Indonesia berdiri sejajar diantara bangsa lainnya.

Jokowi juga mengingatkan jasa BJ Habibie ketika menjadi presiden ketiga Indonesia dengan meletakkan fondasi demokrasi yang dapat dirasakan seluruh rakyat Indonesia hingga saat ini.

Halaman
1234
Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved