BJ Habibie Meninggal Dunia

Presiden Jokowi Akan Jadi Inspektur Upacara Pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata

Joko Widodo direncanakan menjadi inspektur upacara pemakaman Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie

Presiden Jokowi Akan Jadi Inspektur Upacara Pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah prajurit Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengangkat peti jenazah dari almarhum Presiden ke-3 RI, Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie, turun dari mobil jenazah setibanya di rumah duka di Jakarta, Rabu (11/10/2019). BJ Habibie meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RSPAD. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN) *** Local Caption *** Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo direncanakan menjadi inspektur upacara pemakaman Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie.

Pemakaman akan dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019) besok.

"Insya Allah nanti untuk besok upacara di TMP akan dipimpin oleh Bapak Presiden," ungkap Menteri Sekretaris Negara Pratikno, di rumah duka almarhum, di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019).

Habibie akan dimakamkan di samping makam almarhum istrinya, Asri Ainun.

Sementara, untuk waktu prosesi, Pratikno mengatakan akan mendiskusikan hal tersebut dengan pihak keluarga Habibie.

"Jadi nanti setelah ini nanti kami akan bahas, setelah itu akan ada pengumuman lebih lanjut dengan pihak keluarga," kata dia.

Baca: Yusril Ihza Mahendra Punya Kenangan Tersendiri dengan Habibie, Begini Ceritanya

Pemerintah telah menetapkan waktu berkabung nasional selama tiga hari hingga 14 September mendatang.

Selain itu, pemerintah juga mengimbau pimpinan lembaga pemerintah untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama masa berkabung nasional.

Sebelumnya, Putra Presiden ke-3 RI Bacharudin Jusuf Habibie, Thareq Kemal Habibie, mengonfirmasi meninggalnya sang ayah.

"Dengan sangat berat, mengucapkan, ayah saya Bacharudin Jusuf Habibie, Presiden ke-3 RI, meninggal dunia jam 18.03 WIB," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Thareq mengatakan, sang ayah meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Presiden Jokowi Dijadwalkan Jadi Inspektur Upacara Pemakaman BJ Habibie"

Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved