BJ Habibie Meninggal Dunia

Wapres JK : Habibie Seorang Ilmuwan Sekaligus Negarawan

JK menuturkan Habibie merupakan sosok yang memiliki ketertarikan besar pada bidang teknologi dan senang membagikan ilmunya pada generasi muda.

Wapres JK : Habibie Seorang Ilmuwan Sekaligus Negarawan
TRIBUNNEWS/RINA AYU PANCA RINI
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (27/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Rabu petang (11/9/2019), Indonesia kehilangan putera terbaik, Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie (B.J Habibie) menghembuskan nafas terakhir, di RSPAD, Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Pria kelahiran Pare-Pare, Sulawesi Selatan ini, meninggal pada usia 83 tahun.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan kesan mengenal seorang Habibie.

JK menuturkan Habibie merupakan sosok yang memiliki ketertarikan besar pada bidang teknologi dan senang membagikan ilmunya pada generasi muda.

"Sejak awal saya mengenal beliau, saya mengenal ide-ide beliau yang banyak. Ia (Habibie) sangat senang untuk memberikan penjelaskan kepada generasi muda, mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi," ujar JK saat ditemui di kantor wakil presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (12/9/2019).

Sosok Habibie dikenang JK juga sebagai negarawan yang mumpumi.

Bagi JK, presiden RI ke-3 itu membangun bangsa ini melalui perpaduan teknologi dan demokrasi.

"Habibie seorang ilmuan, seorang yang mengabdikan dirinya dalam teknologi. Sekaligus juga negarawan. Tidak mudah, menyatukan hal itu tidak banyak orang seperti Habibie. Bung Karno juga seorang insinyur tapi lebih kepada politik. Sementara beliau (Habibie) lebih kepada implementasi teknologi, terus pemerintahan," kenang dia.

Baca: Jawaban Habibie saat Ditanya Kanselir Jerman Apakah Percaya Tuhan

JK pun mengajak masyarakat Indonesia untuk mendoakan B.J Habibie yang rencananya akan dimakamkan siang hari ini, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

"Mari kita mendoakan arwah almarhum diterima disisi-Nya dengan sangat baik. Karena itu bagi kita jasa seorang pejuang negarawan harus menjadi panutan kita semua," harap Wapres RI.

Diketahui, pada Selasa (10/9), Wapres JK menjenguk B.J Habibie yang sedang menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Mantan menteri riset dan teknologi itu telah dirawat sejak 1 September 2019 oleh tim dokter kepresidenan di RSPAD dan sempat dikabarkan membaik pada Selasa kemarin.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved