Seleksi Calon Pimpinan KPK

Mabes Polri Akan Mutasi Irjen Firli dari Kapolda Sumsel Sebelum Dilantik Jadi Ketua KPK

Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya akan melakukan mutasi tersebut sebelum yang bersangkutan dilantik sebagai Ketua KPK.

Mabes Polri Akan Mutasi Irjen Firli dari Kapolda Sumsel Sebelum Dilantik Jadi Ketua KPK
Tribunnews.com/ Vincentius Jyestha
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes Polri memastikan akan memutasi Irjen Pol Firli Bahuri dari jabatannya saat ini yakni Kapolda Sumatera Selatan. Hal ini berkaitan dengan terpilihnya Firli sebagai Ketua KPK Jilid V.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya akan melakukan mutasi tersebut sebelum yang bersangkutan dilantik sebagai Ketua KPK.

"Belum tahu (kapan dimutasi) ya. Pokoknya sebelum pelantikan (sebagai Ketua KPK) pasti akan ada mutasi untuk menggantikan posisi beliau," ujar Dedi, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019).

Ia menjelaskan bahwa sebelum pelantikan pimpinan lembaga antirasuah periode 2019-2023 itu, Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri akan melakukan rapat untuk mencari pengganti Firli.

Baca: Mengecewakan! ICW: Pemilihan Calon Pimpinan KPK Berakhir Antiklimaks

Lantaran pelantikan pimpinan KPK akan dilaksanakan pada Desember 2019, mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu memastikan jabatan Kapolda Sumsel akan dimutasi sebelum waktu tersebut.

"Tentunya sebelum itu ya, sebelum pelantikan. Nanti Dewan Pertimbangan Jabatan Tinggi Polri akan melakukan rapat yang untuk mengganti sosok Kapolda Sumsel," kata dia.

Baca: Anies Baswedan: Belajar yang Rajin, Biar Kalau Besar Kamu Pintar Seperti Pak Habibie. . .

"Kan masih Desember, artinya sebelum Desember itu pasti akan ada mutasi sebagai pengganti beliau," tandas Dedi.

Sebelumnya, pemilihan Ketua dilakukan berdasarkan Musyawarah Kapoksi (Ketua Kelompok Fraksi) terhadap 5 Capim KPK terpilih.

Adapun Calon Pimpinan KPK terpilih yakni, Alexander Marwata, Firli Bahuri, Lili Pintouli Siregar, Nurul Ghufron, dan Nawawi Pamolango. 10 Kapoksi Fraksi di Komisi III sepakat memilih Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Bahuri sebagai Ketua KPK.

Seperti diketahui, majunya Firli sebagai Capim KPK sempat dipenuhi pro dan kontra. Bahkan fit and proper test Firli diwarnai aksi protes sejumlah mahasiswa di Komisi III Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis malam, (12/9/2019).

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved