Membangun Indonesia Maju, dengan Pemikiran Visioner ala Habibie

Semangat dan pemikiran visioner, merupakan contoh yang dapat kita teladani dari sosok almarhum Prof. BJ Habibie.

Membangun Indonesia Maju, dengan Pemikiran Visioner ala Habibie
BPPT
BPPT turut berduka cita atas meninggalnya Prof. BJ Habibie 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Semangat dan pemikiran visioner, merupakan contoh yang dapat kita teladani dari sosok almarhum Prof. BJ Habibie.

Hal tersebut disampaikan Presiden RI Joko Widodo, saat bertindak sebagai inspektur dalam upacara prosesi pemakaman BJ Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Kamis (12/10/2019).

Saya pun masih mengingat apa yang dilakukan Prof. Habibie, pada saat pertama kali membangun BPPT. Fokus pembangunan diarahkan oleh beliau, dalam hal pembangunan sumberdaya manusia (SDM), bukan pada sarana dan prasarana.

Menurut Prof. Habibie, yang menjadi modal utama dalam melaksanakan transformasi industri, adalah SDM yang memiliki kompetensi dan keahlian. Maka, saat itu tahun 80/90-an, Habibie mencari jutaan puta-putri terbaik bangsa di seluruh Indonesia, untuk disekolahkan.

Baca: Teladan Bapak Teknologi, Ilham Habibie: Sampai Akhir Hayat, Bapak Tidak Mau Berhenti Belajar

Prof. Habibie mengambil lulusan terbaik dari SMA dan perguruan tinggi untuk ditingkatkan kompetensinya hingga jenjang Doktor. Tidak tanggung-tanggung semuanya disekolahkan di luar negeri, karena Habibie menginginkan SDM Indonesia tidak kalah bersaing dengan asing.

Sekarang kita bisa lihat dampak baiknya, mayoritas pembangunan di Indonesia ini merupakan hasil karya dari putra-putri terbaik Indonesia, yang merupakan binaan Habibie dalam memajukan SDM, termasuk saya.

Habibie pun kala itu saat menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi / Kepala BPPT, mencita-citakan Indonesia menjadi negara maju melalui industrialisasi, dengan melakukan transformasi industri.

Oleh karenanya Habibie diberi kepercayaan untuk membangun ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di Indonesia sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi / Kepala BPPT.

Dengan mengemban tugas tersebut, berarti Habibie lah yang menjadi ruh BPPT. Ruh atau spirit inilah yang akan selalu dibawa oleh generasi penerusnya. Membangun Indonesia melalui penguasaan dan pendayagunaan IPTEK.

Untuk itu, legacy dari Prof. Habibie tidak bisa dipadamkan, karena berupa  keberhasilan. Legacy itu adalah Prof. Habibie sebagai pahlawan teknologi di Indonesia.

@BPPT_ri akan terus membawa legacy dari Eyang Habibie, legacy semangat Presiden RI ke-3.

BPPT akan terus melahirkan inovasi dan layanan teknologi terbaik untuk Indonesia Maju. Selalu ada, forever and ever membawa spirit Habibie membangun Indonesia melalui pemanfaatan Iptek dan inovasi. (*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved