Seleksi Pimpinan KPK

Nurul Ghufron Langsung Salat Setelah Tahu Namanya Terpilih Jadi Pimpinan KPK

Nurul Ghufron terpilih menjadi salah satu dari lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2019-2023

Nurul Ghufron Langsung Salat Setelah Tahu Namanya Terpilih Jadi Pimpinan KPK
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Anggota Komisi III DPR menghitung hasil perolehan masing-masing calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat pemilihan Capim KPK oleh Komisi III DPR melalui mekanisme voting di Ruang Rapat Komisi III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (13/9/2019) dini hari. Melalui mekanisme voting dengan jumlah suara sah sejumlah 56 terpilih 5 capim KPK yaitu Firli Bahuri, Alexander Marwata, Nurul Ghufron, Nawawi Pomolango, dan Lili Pintauli Siregar. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nurul Ghufron terpilih menjadi salah satu dari lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2019-2023 atau bisa disebut juga komisioner KPK jilid V.

Dalam rapat Komisi III DPR pada Jumat (13/9/2019) dini hari, Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember ini mendapat suara terbanyak ketiga di bawah Firli Bahuri (56 suara) dan Alexander Marwata (53 suara).

Dua nama lain yang mendapat suara terbanyak dari 10 kandidat yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan adalah Nawawi Pamolango (50 suara) dan Lili Pintauli Siregar (44 suara).

Nurul Ghufron bercerita, ia berkeinginan untuk menunaikan salat di area makam Habib Abdurrahman bin Abdullah Assegaf di Cikini, Jakarta Pusat, ketika kabar itu tiba.

Ghufron langsung mendapat ucapan selamat dari lima orang kawan yang mendampinginya di makam tersebut.

Baca: Saut Situmorang Mundur sebagai Komisioner KPK, Presiden Jokowi : Itu Hak Setiap Orang

Baca: BJ Habibie Donorkan Matanya, Apakah untuk Thareq Kemal Habibie?

Baca: Terbuka, Pasar Ekspor Rempah dan Sarang Burung Walet ke AS

“Saya bersama teman-teman sarkub, sarjana kuburan. Saya berangkat setengah dua belas malam dan sampai jam satu dini hari. Setelah pengumuman baru saya salat,” ujar Ghufron saat dihubungi Tribunnews.com, Jumat (13/9/2019).

Ghufron sempat tak percaya ketika mengetahui namanya masuk ke dalam lima besar. Dia pun meyakini dapat memegang amanah sebagai pimpinan KPK periode 2019-2023.

"Ya sempat kaget beberapa saat. Saya berjanji untuk melakukan yang terbaik sebagai pimpinan KPK," kata Ghufron.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved