BJ Habibie Meninggal Dunia

Presiden Trump : Habibie Menjadikan Indonesia Negara Demokrasi yang Hebat

Gedung Putih Amerika, turut berduka atas wafatnya Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie.

Presiden Trump : Habibie Menjadikan Indonesia Negara Demokrasi yang Hebat
Nicholas Kamm/AFP/Getty Images
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Gedung Putih Amerika, turut berduka atas wafatnya Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump bersama Ibu Negara Melanie Trump menyampaikan ucapan belasungkawanya.

Trump menyebut, BJ Habibie merupakan sosok pemimpin yang mampu menjadikan Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar di dunia.

Menurut Trump, saat kepemimpinan BJ Habibie, Indonesia saat itu sangat menjaga persatuan dan tradisi pluralistik.

"Presiden Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump turut berduka bersama rakyat Indonesia atas meninggalnya mantan Presiden B.J. Habibie. Di tengah berbagai tantangan berat yang menyertai berakhirnya era Presiden Suharto, Dr. Habibie menjalankan kepemimpinan yang luar biasa dalam menjaga persatuan dan tradisi pluralistik di Indonesia, serta dalam mengantar kemunculan negara ini menjadi salah satu negara demokrasi yang hebat di dunia," tulis siaran pers Gedung putih melalui Kedutaan Besar AS di Jakarta, yang diterima pada Jumat (13/9/2019).

Gedung putih juga menuliskan kontribusi dari pria asal Pare-pare, Sulawesi Selatan, terutama dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta menyebut Habibie merupakan contoh baik bagi masyarakat Indonesia.

"Dr. Habibie, seorang insinyur yang berhasil, juga akan dikenang kontribusinya bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia, termasuk industri penerbangan dalam negeri, suatu contoh luhur dari kreativitas dan tekad kuat masyarakat Indonesia," demikian pernyataan Gedung putih.

Sebelumnya pula Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompe juga menyampaikan duka cita terdalam kepada keluarga dan rakyat Indonesia atas kehilangan besar atas sosok Habibie.

Baca: Poin-poin Penting Yang Dicapkan Jokowi Soal Revisi UU KPK

Baca: Manisnya Gula Jawa Pada Ainun yang Bikin Habibie Terpana Menurun Pada Cucunya Tifani, Ini Fotonya

Baca: ‎Jokowi Tidak Setuju Penyelidik dan Penyidik KPK Hanya dari Polri dan Kejaksaan

"Atas nama Pemerintah Amerika Serikat, saya menyampaikan belasungkawa yang terdalam kepada keluarga dan rakyat Indonesia atas meninggalnya mantan Presiden BJ Habibie. Presiden Habibie telah memimpin negara dan rakyatnya melalui periode penting transisi demokrasi Indonesia yang luar biasa, dan memberikan kontribusi yang berkelanjutan bagi pembangunan ekonomi Indonesia, termasuk melalui komitmennya terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.Dalam masa berkabung ini, terimalah simpati kami yang mendalam serta keyakinan bahwa Amerika Serikat akan terus mengingat persahabatan dengan Presiden Habibie dan dedikasinya untuk negara," tulis Pompe.

Mantan menteri riset dan teknologi jaman presiden Soeharto menghembuskan nafas terakhir di RSPAD, Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pada Rabu petang (11/9/2019).

Pria berusia 83 tahun itu dimakamkan pada Kamis kemarin di sebelah pusara istri tercinta, Ainun, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, dengan prosesi pemakaman kenegaraan.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved