Polemik KPK

Pegiat Antikorupsi: Itu Pesan kepada Presiden untuk Turun Tangan Selamatkan KPK

Baik dan buruknya KPK ke depan, imbuh dia, sudah tidak menjadi tanggung jawab pimpinan lembaga itu, tetapi berada pada Presiden.

Pegiat Antikorupsi: Itu Pesan kepada Presiden untuk Turun Tangan Selamatkan KPK
Tribunnews/Irwan Rismawan
Ketua KPK, Agus Rahardjo (tengah) bersama Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif (kanan) dan Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang (kiri) memberikan keterangan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019). Dalam keterangannya, ketiga pimpinan KPK menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Presiden Joko Widodo terkait menyikapi sejumlah serangan terhadap KPK belakangan ini. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pegiat antikorupsi Hendrik Rosdinar menilai penyerahan mandat tiga pimpinan KPK kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) bukan berarti mereka mundur dari lembaga antirasuah.

Sikap Ketua KPK Agus Rahardjo bersama dua Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang dan Laode M Syarif menurut dia, lebih untuk memberi pesan kepada Jokowi untuk turun tangan menyelamatkan lembaga antirasuah.

"Bukan bentuk pengunduran diri. Ini sebuah pesan kepada Presiden untuk turun tangan menyelamatkan KPK dari pelemahan," ujar Manajer Advokasi, Riset, Kampanye YAPPIKA ini kepada Tribunnews.com, Senin (16/9/2019).

Baik dan buruknya KPK ke depan, imbuh dia, sudah tidak menjadi tanggung jawab pimpinan lembaga itu, tetapi berada pada Presiden.

Kenapa begitu?

Baca: Dua Orang Ahli Hukum Pidana Bersaksi di Sidang Sofyan Basir

"Karena persoalan kelembagaan KPK sekarang sudah tidak lagi hanya soal internal governance-nya, melainkn sudah lebih besar dari itu, terutama adanya kekuatan eksternal yang menginginkan KPK lemah," jelasnya.

Agus Rahardjo: Kami Hanya Kembalikan Mandat, Bukan Mundur

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo bersama dua Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang dan Laode M Syarif mengembalikan mandat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (13/9/2019).

Pimpinan KPK menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Jokowi. Meski mengembalikan mandat, Agus Rahardjo cs tetap bekerja seperti biasa atau tidak mengundurkan diri.

Hal ini ditunjukkan Agus dengan melantik Cahya Hadianto Harefa sebagai Sekjen dan Fitroh Rohcahyanto sebagai Direktur Penuntutan KPK, Senin (16/9/2019). Agus nampak didampingi tiga Wakil Ketua KPK, yakni Laode M Syarif, Basaria Panjaitan dan Alexander Marwata.

Halaman
123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved