Kabut Asap

Wiranto Ingatkan Musim Kemarau Masih Landa Indonesia Hingga 2 Bulan ke Depan

“Nanti malam Presiden akan memimpin rapat bersama rapat Menko PMK, Mensos, Menkes, Menteri KLHK, dan BNPB serta pemda Riau,” terang Wiranto

Wiranto Ingatkan Musim Kemarau Masih Landa Indonesia Hingga 2 Bulan ke Depan
Tribunnews.com/ Rina Ayu
Rakor karhutla yang dipimpin oleh Menteri Koordinatoor Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kepala BNPB Doni Munardo, Kepala BMKG Dwi Korita, serta sejumlah perwakilan pemerintah daerah, di ruang rapat Nakula, Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, pada Jumat (13/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengatakan fokus pemerintah pusat terutama Presiden Joko Widodo (Jokowi)v saat ini adalah mengatasi bencana kebakaran hutan dan lahan yang melanda Sumatera dan Kalimantan.

Wiranto pun meminta semua pihak termasuk masyarakat dan perusahaan pemilik perkebunan besar agar ikut menjaga paling tidak supaya bencana kebakaran lahan dan hutan tak meluas.

Baca: Tampilkan Wajah Jokowi Dengan Bayangan Pinokio, Relawan Adukan Majalah Tempo ke Dewan Pers

Menurutnya, musim kemarau masih akan berlangsung hingga dua bulan mendatang di mana berarti potensi kebakaran lahan dan hutan masih ada.

“Tiga hari lalu saya sudah menggelar rapat koordinasi termasuk bersama Gubernur Riau dan Kalimantan Barat, pihak BMKG mengatakan musim kemarau masih akan berlangsung hingga dua bulan mendatang. Sehingga kita masih perlu inventarisasi masalah yang belum diatasi untuk dilakukan penanganan,” ungkap Wiranto di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Wiranto mengatakan Presiden Jokowi akan bertolak ke Riau sore ini untuk kemudian langsung memimpin rapat koordinasi di Pekanbaru terkait penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Esok harinya yaitu Selasa (17/9/2019) menurut Wiranto, Jokowi akan langsung meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan di Riau.

“Nanti malam Presiden akan memimpin rapat bersama rapat Menko PMK, Mensos, Menkes, Menteri KLHK, dan BNPB serta pemda Riau,” terang Wiranto.

Baca: YLBHI: Jokowi Tak Dengarkan Masukan Publik Soal Capim KPK

Wiranto meminta semua pihak termasuk masyarakat dan TNI untuk berkoordinasi demi bergerak cepat mengatasi kebakaran lahan dan hutan di Sumatera dan Kalimantan.

“Iya pemerintah pusat bergerak cepat, ini kan masalah darurat, kalau tidak ditangani cepat, sitematis, dan dukungan yang memadai maka kita kedodoran. Kita saja sudah mengerahkan 52 helikopter dari TNI, sewa, dan pemilik perkebunan besar untuk memadamkan api. Dan kita mau tambah,” pungkasnya.

Halaman
123
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved