Datangi Riau, Jokowi Perintahkan Hujan Buatan Lebih Besar: Percuma Kalau Tanpa Dukungan Pemda

Datangi Pekanbaru Riau, Jokowi perintahkan BNPB untuk turunkan hujan buatan lebih besar. Ia berharap kabut asap tak semakin ganggu kegiatan ekonomi.

Datangi Riau, Jokowi Perintahkan Hujan Buatan Lebih Besar: Percuma Kalau Tanpa Dukungan Pemda
Tribunpelalawan.com/Johanes Wowor Tanjung
Presiden RI Jokowi ke Riau Tinjau Kabut Asap, Bagikan Buku dan Kaos JOKOWI kepada Warga Desa Merbau 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kota Pekanbaru, Riau untuk rapat membahas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) bersama para pejabat terkait, Senin (16/9/2019).

Dilansir TribunWow.com dari unggahan kanal YouTube Sekretariat Preisden, Selasa (17/9/2019), dalam rapat tersebut, Jokowi memerintahkan agar diturunkan hujan buatan yang lebih besar dari sebelumnya.

Namun Jokowi juga menyinggung soal peran pemerintah daerah yang akan membuat usaha pemadaman api percuma lantaran tak ada dukungan.

Awalnya, Jokowi sudah menyinggung soal jajaran pejabat pemerintahan atau perangkat daerah mulai dari gubernur hingga kapolda.

Jokowi menyebut masing-masing perangkat kurang bekerja maksimal sehingga tindakan pencegahan meluasnya titik api pun sulit dihindari.

Kini dalam kunjungannya itu Jokowi memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulanan Bencana untuk menurunkan hujan buatan seperti pekan lalu namun lebih besar.

"Hari Jumat yang lalu saya sudah juga perintah kepada panglima, kepada Kepala BNPB, untuk dilakukan hujan buatan. Saya kira sudah dikerjakan," ujar Jokowi.

"Dan hari ini juga, kita harapkan nanti besok juga dilakukan hal yang sama dalam jumlah yang lebih besar," imbuh Jokowi.

Tak hanya memerintahkan penurunan hujan buatan, Jokowi juga sudah memerintahkan pasukan untuk turut membantu usaha pemadaman api karhutla.

"Pasukan pun sudah kita tambahkan, saya perintahkan hari Jumat untuk ditambah ke sini," kata Jokowi.

Baca Selengkapnya >>>

Editor: Tiffany Marantika Dewi
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved