Pemindahan Ibu Kota Negara

DPR Targetkan Hasil Kerja Pansus Pemindahan Ibu Kota Selesai Periode Ini

Menurut Amali, pembahasan kajian pemindahan ibu kota dari pemerintah tidak akan lama seperti pembahasan Rancangan atau revisi undang-undang.

DPR Targetkan Hasil Kerja Pansus Pemindahan Ibu Kota Selesai Periode Ini
/FACHMI RACHMAN
LOKASI SURVEI - Pemandangan Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang tertutup kabut pagi dari ketinggian, Kamis (12/9/2019). Desa Bukit Merdeka menjadi salah satu lokasi dari tiga lokasi yang ditinjau tim survei dari Kementerian ATR/BPN untuk pendataan status lahan yang berdekatan dengan lahan IKN (TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Pansus Pemindahan Ibu Kota, Zainudin Amali menargetkan hasil kerja Pansus rampung sebelum pelantikan anggota DPR baru pada 1 Oktober 2019.

"Kalau bisa akhir periode ini bisa kita menghasilkan ini," ujar Amali di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, (18/9/2019).

Menurut Amali, pembahasan kajian pemindahan ibu kota dari pemerintah tidak akan lama seperti pembahasan Rancangan atau revisi undang-undang. Karena dalam pembahasan pemindahan ibu kota, tidak ada tarik-tarikan kepentingan yang kuat.

"Sebagaimana teman-teman lihat pada setiap pembahsan RUU. Nah ini bukan RUU yang kita bahas, kita bahas kajian yang akan menghasilkan rekomendasi dari DPR. Kalau skenario yang saya sampaikan ini disepakati oleh anggota, maka saya membayangkan akhir ini akan selesai , tapi kalau ada kemungkinan lain ya nanti akan informasi kan lagi," katanya.

Baca: Legislator NasDem Setuju Dewan Pengawas KPK dari Tokoh Masyarakat dan Akademisi

Saat ini menurut Amali, Pansus akan terlebih menyusun agenda kerja. Kemudian akan membuat jadwal pertemuan dengan Gubernur DKI Anies Baswedan dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

"Kita akan jadwalkan makanya kita akan rapat pimpinan dulu bersama 3 wakil ketua, kita rancang jadwal, kemudian kaji perdalam, nanti setelah ini hasil kerja Pansus kemudian kita putuskan pada pleno Pansus," katanya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved