Tidak Pindah Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur dari Sekarang, Davao yang Akan Berkembang

Upaya pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur bisa dibilang langkah yang tepat untuk dilakukan oleh pemerintah pusat.

Tidak Pindah Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur dari Sekarang, Davao yang Akan Berkembang
Kolase Tribunkaltim.co/Bappenas dan Aman
Ari Kuncoro, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dari Universitas Indonesia dalam diskusi nasional Pemindahan Ibu Kota Negara yang digelar oleh Bappenas RI di Jakarta, Selasa (16/9/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Upaya pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur bisa dibilang langkah yang tepat untuk dilakukan oleh pemerintah pusat.

Pasalnya, pakar ekonomi prediksi, jika tidak ada pemindahan Ibu Kota Negara di Indonesia bagian tengah, maka negara lain di kawasan asia pasifik yang akan mengambil peluangnya

Selama ini ketimpangan antar daerah di Indonesia masih terjadi, belum teratasi secara maksimal. Pemindahan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur akan memberikan efek yang ke lain.

Demikian disampaikan oleh Ari Kuncoro, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dari Universitas Indonesia dalam diskusi nasional Pemindahan Ibu Kota Negara yang digelar oleh Bappenas RI di Jakarta, Selasa (16/9/2019).

Beberapa waktu lalu pemerintah pusat, melalui Presiden Joko Widodo, sudah umumkan calon lokasi ibu kota baru Republik Indonesia dipindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Nah, kata Presiden Joko Widodo, di Kalimantan Timur sendiri, lokasi persisnya berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Bisa dibilang dua lokasi ini sangat berdekatan dengan Kota Samarinda dan Kota Balikpapan, yang secara infrastruktur telah memadai, dari pelabuhan, bandara hingga jalan tol sudah terselenggara.

Ari Kuncoro berpandangan, kondisi ekonomi global sekarang ini sedang tidak bersahabat, terjadi resesi ekonomi, termasuk terjadinya perang dagang yang nyata dan masif, antara China dan Amerika Serikat, tentu membuat hal ini tak enak untuk iklim perdagangan dunia.

"Perang dagang dan resesi ekonomi maka pemilihan pemindahan Ibu Kota Negara jadi peluang," ungkapnya di hadapan para audiens yang hadir.

Dirinya mengibaratkan, lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur itu seperti aquarium, saat diberi tambahan oksigen di sebuah aquarium maka ikan-ikan akan hidup.

Karena itu, prospek ekonomi dari lahirnya lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur menjadi pendorong stimulus untuk mencapai pertumbuhan ekonomi.

Baca berita selengkapnya di >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Editor: ade mayasanto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved