SEJARAH HARI INI: 21 September Hari Perdamaian Internasional Digaungkan, Perubahan Iklim Disoroti

SEJARAH HARI INI, 37 tahun silam diresmikan sebagai Hari Perdamaian Internasional ( International Day of Peace) atau disebut juga Hari Perdamaian Duni

SEJARAH HARI INI: 21 September Hari Perdamaian Internasional Digaungkan, Perubahan Iklim Disoroti
Freepik.com
SEJARAH HARI INI: 21 September Hari Perdamaian Internasional Digaungkan, Perubahan Iklim Disoroti 

TRIBUNNEWS.COM - SEJARAH HARI INI, 37 tahun silam diresmikan sebagai Hari Perdamaian Internasional ( International Day of Peace) atau disebut juga Hari Perdamaian Dunia (World Peace Day).

Peringatan Hari Perdamaian Internasional diperingati setiap tahun pada tanggal 21 September.

Hari Perdamaian Internasional atau Hari Perdamaian Dunia didedikasikan demi perdamaian dunia dan secara khusus demi berakhirnya perang dan kekerasan.

Diperingati pertama kali pada tahun 1982, Hari Perdamaian Internasional dipertahankan oleh banyak negara, kelompok politik, militer dan masyarakat.

Tanggal 21 September ini ditetapkan oleh Majelis Umum PBB melalui Resolusi Nomor 55/282 pada tahun 1991.

Pada tahun 2013, untuk pertama kalinya Hari Perdamaian Internasional didedikasikan oleh Sekretaris Jenderal PBB untuk pendidikan perdamaian, sebagai sarana pencegahan yang penting untuk mengurangi peperangan yang berkelanjutan.

Dilansir dari Kompas.com, tujuan awal dari dibentuknya Hari Perdamaian Internasional adalah untuk memperkuat cita-cita perdamaian di antara bangsa-bangsa di seluruh dunia.

Negara-negara anggota PBB berkeyakinan perdamaian tidak akan tercipta jika langkah-langkah untuk mencapai pemerataan pembangunan ekonomi dan sosial tidak dilakukan, dan hak setiap orang tidak mendapat perlindungan.

Hak asasi manusia adalah hak semua orang.

Untuk itu, prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan, yang mencakup isu kemiskinan, kelaparan, pendidikan, perubahan iklim, persamaan gender, persedian air, sanitasi, energi, lingkungan, dan keadilan sosial, perlu diaplikasikan.

Berbagai perayaan digelar di berbagai tempat di dunia untuk memperingati Hari Perdamaian Internasional ini.

Baca berita selengkapnya di >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Editor: ade mayasanto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved