Agenda Oktober 2019 Wisata Budaya Hudoq Pekayang Mahakam Ulu, Catat dan Yuk Menari Khas Dayak Asli

Sebentar lagi akan ada perhelatan ritual adat yang pas untuk mengisi waktu berlibur, Wisata Budaya di Bumi Etam, Kalimantan Timur.

Agenda Oktober 2019 Wisata Budaya Hudoq Pekayang Mahakam Ulu, Catat dan Yuk Menari Khas Dayak Asli
TRIBUN KALTIM/BUDI SUSILO
Generasi wanita berdaun telinga panjang yang masih hidup di Kampung Long Pakaq, Kecamatan Long Pahangai, Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu (28/11/2018) pagi. 

TRIBUNNEWS.COM, UJOH BILANG - Sebentar lagi akan ada perhelatan ritual adat yang pas untuk mengisi waktu berlibur, Wisata Budaya di Bumi Etam, Kalimantan Timur.

Dalam waktu dekat ini, akan ada gelaran budaya Mahakam Ulu atau Mahulu, yang pastinya ini spesial tidak ada di tempat provinsi lainya, hanya ada di Kalimantan Timur.

Acara budaya ini disebut Hudoq Pekayang, yang berlangsung setiap setahun sekali.

Dilangsungkan memang di tempat asa muasal budaya ini muncul di Mahakam Ulu.

Nah, Hudoq Pekayang ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari budaya masyarakat setempat di Mahakam Ulu.

Gelaran Hudoq Pekayang ini bakal dilangsungkan di Kampung Lirung Ubing, Kecamatan Long Pahangai, Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mahakam Ulu, Kristina Tening kepada Tribunkaltim.co melalui sambungan telepon seluler WhatsApp pada Senin (23/9/2019).

Ia menjelaskan, Hudoq Pekayang terbuka bagi siapa saja, termasuk mereka para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menikmati Wisata Budaya di Bumi Mahulu, Kalimantan Timur, Indonesia.

Ini Hudoq Pekayang mengangkat tajuk, turun dari Apo Lagaan untuk menjaga harmoni manusia, alam dan yang Maha Kuasa, yang akan berlangsung 17 sampai 18 Oktober 2019.

"Silakan datang dan saksikan," ujarnya.

Menurut Tening, gelaran Hudoq Pekayang tidak ada yang berbeda, dari tahun ke tahun hampir sama, sebab ini merupakan ritual budaya di Mahakam Ulu.

Baca berita selengkapnya di >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Editor: ade mayasanto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved