Demo Tolak RUU KUHP dan KPK

Bersaksi Lihat Detik-detik Ricuh Aksi Mahasiswa, Haris Azhar Sindir Semprotan: Itu Titik Mulainya

Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM), Haris Azhar menuturkan detik-detik kericuhan aksi demonstrasi mahasiswa di depan Gedung DPR RI, Senayan.

Bersaksi Lihat Detik-detik Ricuh Aksi Mahasiswa, Haris Azhar Sindir Semprotan: Itu Titik Mulainya
Kompas TV/Kompas TV
Aparat kemanan menyemprotkan Water Canon ke ribuan mahassiswa dari berbagai kampus dan organisasi di depan gerbang gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demonstrasi tersebut lanjutan dari aksi sebelumnya yang menolak revisi UU KPK, RKUHP, RUU Pertanahan, dan Minerba. (https://www.kompas.tv/live) 

TRIBUNNEWS.COM - Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM), Haris Azhar menuturkan detik-detik kericuhan aksi demonstrasi mahasiswa di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat.

Dilansir TribunWow.com, hal itu diungkapkan Haris saat menjadi narasumber dalam program 'Mata Najwa', yang diunggah channel YouTube Najwa Shihab, Rabu (25/9/2019).

Mulanya Haris menuturkan bahwa ada lembaga yang menelisik di bidang tindak penyelewengan anarkistik.

 Polisi Temukan Batu dan Bensin Milik Demonstran di Mobil Ambulans, Begini Kronologinya

 

"Ini begini, kita punya protap (Prosedur Ketetapan) dari kepolisian. Protap tentang tindakan penyelewengan anarkistik," ujar Haris.

"Ketika semprotan air pertama keluar kira-kira kemarin jam 5 kurang, saya beberapa menit setelah ketemu Mbak Vitri, ini saya lihat sendiri."

"Di protap itu ada eskalasi, dia mengambil pembelajaran dan saya kira protapnya cukup okelah, dia mengambil pembelajaran dari standar internasional. Tentang penanggulangan demonstrasi," jelasnya tentang protap.

Dirinya mengatakan saat itu semprotan yang diturunkan kepada aparat untuk mahasiswa tidak dalam rangka merespons ricuh.

"Dan di situ saya tidak melihat bahwa semprotan air itu dalam rangka untuk merespons satu tindakan yang di luar kontrol," katanya.

"Jadi untuk apa?," tanya Najwa Shihab.

Haris pun berkelakar bisa saja ada perintah kepolisian untu memandikan mahasiswa yang turun aksi.

BACA ARTIKEL SELENGKAPNYA DI SINI >>>

Editor: Claudia Noventa
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved