Breaking News:

Selain DPR, DPD RI Juga Gelar Sidang Paripurna Terakhir 2014-2019

DPD RI telah menggelar sidang paripurna penutupan periode 2014-2019. Sidang dipimpin langsung oleh Ketua DPD Oesman Sapta Odang.

Ist/Tribunnews.com
Anggota Komisi XI DPR, Maruarar Sirait, menyampaikan interupsi dalam sidang paripurna terakhir DPR Periode 2014-2019 di ruang paripurna gedung DPR, komplek Parlamen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - DPD RI telah menggelar sidang paripurna penutupan periode 2014-2019. Sidang dipimpin langsung oleh Ketua DPD Oesman Sapta Odang.

Turut hadir tiga Wakil Ketua DPD Nono Sampono, Darmayanti Lubis, dan Akhmad Muqowam.

Dalam sidang, wakil Ketua DPD Darmayanti Lubis menjelaskan bahwa selama periode 2014-2019, DPD telah menghasilkan sebanyak 217 Keputusan yang terdiri atas 6 Keputusan tentang usul Program Legislasi Nasional (Prolegnas).

"Selain itu 46 Keputusan tentang Rancangan Undang-Undang, 97 Keputusan tentang Hasil Pengawasan atas Pelaksanaan Undang-Undang, 26 Keputusan tentang Pandangan dan Pendapat terhadap RUU yang berasal dari DPR dan/atau Presiden, 8 Keputusan tentang Pertimbangan DPD RI, 27 Keputusan tentang Pertimbangan DPD RI yang berkaitan dengan Anggaran dan 7 hasil rekomendasi DPD terkait masalah faktual masyarakat,” kata Darmayanti.

Baca: Massa Pelajar Masih Bertahan di Jalan Tentara Pelajar, Lempari Polisi dengan Batu

Baca: Jokowi Pertimbangkan Terbitkan Perppu KPK, Margarito Kamis: Apa yang Genting ?

Baca: Bamsoet Beberkan Hasil Kesepakatannya Dengan Airlangga Hartarto

Selain itu menurutnya dalam menjalankan fungsi legislasinya, DPD telah menyusun Rancangan Undang-Undang sesuai kewenangan DPD dan telah disampaikan kepada DPR. RUU tersebut diantaranya yakni RUU tentang Pemerintahan Daerah Kepulauan. Kemudian RUU tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup ke DPR RI. Selain itu RUU Usul Inisiatif DPD RI tentang Ekonomi Kreatif.

"RUU Ekonomi Kreatif adalah jawaban dari DPD RI untuk menggali potensi besar untuk menjadi salah satu penggerak untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera,” katanya.

Sebelumnya, dalam Sidang Paripurna hari ini, Pimpinan DPD RI Periode 2014-2019 secara simbolis menyerahkan laporan kinerja lembaga DPD RI Periode 2014-2019 kepada Sekretaris Jenderal DPD RI Reydonnyzar Moenek beserta jajaran untuk selanjutnya diserahkan kepada Anggota DPD RI Periode 2019-2024.

Ketua DPD RI Oesman Sapta mengucapkan terimakasih atas pengabdian kepada seluruh Anggota periode 2014-2019, dan mengingatkan kepada anggota yang masih terpilih untuk terus melanjutkan estafet yang sudah dicapai semua anggota sebelumnya dan semuanya untuk kemajuan daerah dan kemajuan Indonesia.

“Menutup Sidang ini saya mengucapkan terimakasih dan bangga kepada seluruh anggota DPD RI periode 2014-2019 atas pengabdian dan kinerjanya, saya harap apa yang sudah kita kerjakan kita perjuangkan, akan terus dilanjutkan oleh Anggota DPD RI terpilih periopde 2019-2024, semua demi kemajuan daerah dan kemajuan Indonesia,” pungkas Oesman Sapta.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved