Rumah Sakit dan Perguruan Tinggi Kelas Dunia di Ibu Kota Negara yang Baru

Erick berpendapat, setelah dibangunnya rumah sakit di ibu kota baru, kultur untuk berobat di luar Indonesia akan berubah.

Rumah Sakit dan Perguruan Tinggi Kelas Dunia di Ibu Kota Negara yang Baru
Tribunnews/Herudin
Pengusaha Erick Thohir saat diwawancara secara khusus oleh Tribunnews, di Jakarta, Senin (30/9/2019). Wawancara tersebut seputar aktivitas Erick Thohir saat ini dan juga isu dirinya yang dicalonkan menjadi menteri di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode kedua. Tribunnews/Herudin 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Erick Thohir membebekan sejumlah fasilitas yang akan dibangun di lahan Ibu Kota baru di Provinsi Kalimantan Timur. Menurut Erick, pemerintah telah menyiapkan side plat pembangunan universitas dan rumah sakit kelas dunia di wilayah Penajam Paser Utara-Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Pembangunan yang dilakukan, sepengetahuannya, adalah upaya pemerintah menciptakan kultur baru di dunia pendidikan dan kesehatan. di Ibu Kota negara yang baru kelak. Hal itu diungkapkan Erick Thohir saat sesi wawancara khusus dengan Tribun, , Senin (30/9/2019) kemarin.

"Silicon vellynya disitu akan dibangun juga universitas yang terbaik, rumah sakit terbaik, kelas dunia. Karena bagian medote perubahan kultur yang baru," kata Erick Thohir.

Baca: Erick Tohir dan Sederet Tokoh-tokoh Senior Ini Kabarnya Masuk Calon Menteri Jokowi

Pria kelahiran Jakarta, 30 Mei 1970 ini menjelaskan lebih rinci maksud soal perubahan kultur yang baru. Meski tidak bisa mengatasnamakan Presiden Jokowi dan jajaran menteri, ia mencontohkan bagaimana banyak masyarakat yang berbondong-bondong ke Singapura dan Malaysia untuk berobat.

Erick berpendapat, setelah dibangunnya rumah sakit di ibu kota baru, kultur untuk berobat di luar Indonesia akan berubah. Justru, banyak orang akan berobat ke Indonesia.

Baca: Goyang Jempol Erick Tohir

"Pendidikan juga sama, sekarang pendidikan di Indonesia harus dirubah. Alhamdulilah saya sharing di UGM bersama ratusan mahasiswa bagaimana kita bicara industri 4.0. Apa sistem edukasi di Indonesia ini akan berubah juga kenapa karena tidak mungkin sama dengan hari ini," kata Erick.

Baca: Erick Tohir Mengenal Jokowi: Pekerja Keras, One of a Kind

Selain itu, anggota IOC (Komite Olimpiade Internasional) ini membayangkan ibu kota baru akan menjadi enviromental friendly dengan adanya electrical yang baru, pabrikan sport stasion yang baru dan interkoneksi infrastruktur dimana dikelilingi tempat hijau.

"Saya rasa engga ada kota itu di Indonesia hari ini dan kalau ibu kota baru akan jadi menurut saya akan bagus sekali kenapa ini the feature city of Indonesia," ungkap Erick.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved