Perjalanan Kabinet Jokowi-JK yang Segera Berakhir: Empat Kali Reshuffle, Enam Menteri Mundur

Kabinet Kerja yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla bakal segera berakhir.

Perjalanan Kabinet Jokowi-JK yang Segera Berakhir: Empat Kali Reshuffle, Enam Menteri Mundur
Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negera, Jakarta Pusat, Selasa (7/8/2018). 

TRIBUNNEWS.COM - Kabinet Kerja yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla bakal segera berakhir.

Kabinet Kerja akan digantikan kabinet baru setelah Jokowi dan Maruf Amin dilantik sebagai Presiden dan Wapres pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Pada Kamis (4/10/2019), Jokowi menggelar sidang kabinet paripurna terakhir.

Dalam sidang kabinet 'perpisahan ini', Jokowi menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para menteri yang telah membantunya selama lima tahun.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua menteri, semua kepala lembaga, atas kerja kerasnya selama lima tahun ini dalam membantu saya dan Bapak Jusuf Kalla dalam menjalankan visi dan program-program prioritas kita bersama," kata Jokowi.

Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Kamis (3/10/2019)
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Kamis (3/10/2019) (Seno Tri Sulistiyono/Tribunnews.com)

Perjalanan Kabinet Jokowi-JK selama lima diwarnai adanya dinamika politik sehingga terjadi perombakan kabinet (reshuffle).

Sejumlah menteri Jokowi-JK juga harus mundur karena terkena kasus korupsi.

Berikut ringkasan perjalanan Kabinet Kerja Jokowi-JK:

1. Enam Hari setelah Dilantik, Jokowi Umumkan Kabinet

TRIBUN/DANY PERMANA
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Ibu Negara Iriani Joko Widodo serta Ibu Mufidah Jusuf Kalla mengumumkan nama-nama calon menteri di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/10/2014). Hari ini Presiden Joko Widodo mengumumkan nama-nama calon menteri untuk mengisi Kabinetnya yang diberi nama Kabinet Kerja.
TRIBUN/DANY PERMANA Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Ibu Negara Iriani Joko Widodo serta Ibu Mufidah Jusuf Kalla mengumumkan nama-nama calon menteri di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/10/2014). Hari ini Presiden Joko Widodo mengumumkan nama-nama calon menteri untuk mengisi Kabinetnya yang diberi nama Kabinet Kerja. (TRIBUNNEWS/DANY)

Enam hari setelah dilantik, tepatnya pada 26 Oktober 2014, Jokowi mengumumkan susunan kabinetnya di Istana Negara.

Halaman
1234
Penulis: Daryono
Editor: Pravitri Retno Widyastuti
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved