Mantan Plt Kepala Dinas PUPR Pegunungan Arfak Dituntut 2 Tahun Penjara Terkait Suap Anggota DPR

Mantan Plt Kadis PUPR Pegunungan Arfak Papua Barat, Natan Pasomba, dituntut dengan pidana penjara selama dua tahun dan denda Rp 100 juta

Mantan Plt Kepala Dinas PUPR Pegunungan Arfak Dituntut 2 Tahun Penjara Terkait Suap Anggota DPR
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Plt Kadis PUPR Pegunungan Arfak Papua Barat, Natan Pasomba, dituntut dengan pidana penjara selama dua tahun dan denda Rp 100 juta subsidair tiga bulan kurungan.

JPU pada KPK meyakini Natan Pasomba bersalah menyuap mantan anggota DPR RI dari Fraksi PAN, Sukiman, sebesar Rp 2,6 miliar dan 22 Ribu Dollar Amerika Serikat.

"Penuntut Umum berkesimpulan bahwa terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum, bersalah melakukan tindak pidana korupsi," kata JPU pada KPK dalam sidang pembacaan tuntutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (7/10/2019).

Baca: Isbat Nikah dan Gugatan Cerai Nikita Mirzani Terhadap Dipo Latief Dikabulkan

JPU pada KPK mengungkapkan hal-hal yang memberatkan untuk terdakwa.

Natan Pasomba dinilai tidak mendukung program pemerintah dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dari kolusi, korupsi, dan nepotisme.

Sedangkan, hal-hal yang meringankan terdakwa mengakui terus terang perbuatannya dan menyampaikan penyesalan.

Selain itu, terdakwa pun sopan selama persidangan, dan terdakwa telah mengembalikan uang yang diterima.

Baca: Jelang UEA vs Timnas Indonesia, Senjata Tuan Rumah untuk Kalahkan Skuat Garuda

Atas perbuatan itu, terdakwa diancam dalam Pasal 5 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana juncto Pasal 65 ayat (1) KUHPidana sebagaimana dalam dakwaan pertama.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi mendakwa Natan Pasomba, mantan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pegunungan Arfak, menyuap anggota Komisi XI DPR RI periode 2014-2019, Sukiman.

Halaman
12
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved