Penjelasan Novel Baswedan Saat Momen Duduk Bareng Anies Baswedan, Dituding Amankan Kasus Anies

Beredar foto Novel sedang bersama Anies di sebuah masjid. Foto itu bertuliskan 'Novel Baswedan mengamankan kasus Anies Baswedan'.

Penjelasan Novel Baswedan Saat Momen Duduk Bareng Anies Baswedan, Dituding Amankan Kasus Anies
Tribunnews.com/Ilham Rian Pratama
Novel Baswedan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, menjelaskan mengenai tudingan menghentikan laporan tindak pidana korupsi yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Beredar foto Novel sedang bersama Anies di sebuah masjid. Foto itu bertuliskan 'Novel Baswedan mengamankan kasus Anies Baswedan'. Foto itu dikaitkan dengan laporan tindak pidana korupsi yang dilakukan Anies, yakni dugaan tindak pidana korupsi dana Frankfurt book fair sebesar Rp146 miliar saat Anies menjabat menteri pendidikan dan kebudayaan.

Novel mengatakan foto itu diambil pada saat dirinya sedang menjalani pengobatan di Singapura pada 2017. Ketika itu, Anies menjenguk dirinya yang sedang dirawat akibat penyerangan yang dilakukan oleh orang tidak dikenal.

"Itu (foto,-red) 2017, karena saya dirawat inap selama empat bulan dari bulan April sampai dengan Agustus," kata Novel, ditemui di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Menurut dia, foto itu diambil di tempat shalat.

Baca: Ustad Bernard Berstatus Tersangka, PA 212 Siapkan 100 Pengacara

"Pak Anies konteksnya ke Singapura menengok saya, dan pada saat menengok kemudian ada waktu yang harus segera shalat terus saya bersama pak Anies ke masjid terdekat. Saya kira wajar, setelah itu duduk," kata dia.

"Pas Ashar seingat saya, waktu itu Pak Anies menengok saya, berbincang di rumah sakit. Saya di kamar perawatan, dan kemudian pada saat waktu shalat saya ke tempat shalat,".

Sebelumnya, beredar foto hitam putih yang memperlihatkan sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Penyidik KPK Novel Baswedan.

Dalam foto yang diunggah oleh akun Facebook Barid Baroroh pada 27 Juli 2019 itu, tampak duo Baswedan sedang duduk berdua di lantai usai melaksanakan salat di sebuah masjid.

Demi menangkal bentuk serangan dan penyebaran informasi hoaks serta dapat membentuk wacana negatif tentang KPK dan Novel Baswedan, lembaga antirasuah memberikan klarifikasinya.

Halaman
12
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved