Rusuh di Papua

Pesawat Hercules dan Helikopter TNI Antar Pengungsi Kerusuhan Kembali ke Wamena

Ia mengatakan, TNI telah menyiapkan pesawat Hercules C-130 milik TNI AU dan helikopter TNI untuk membantu seluruh pengungsi korban kerusuhan Wamena

Pesawat Hercules dan Helikopter TNI Antar Pengungsi Kerusuhan Kembali ke Wamena
Puspen TNI
Hadi Tjahjanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyatakan kondisi keamanan di Wamena sudah mulai berangsur kondusif pada Rabu (9/10/2019).

Ia mengatakan, TNI telah menyiapkan pesawat Hercules C-130 milik TNI AU dan helikopter TNI untuk membantu seluruh pengungsi korban kerusuhan Wamena tersebut untuk kembali ke Wamena.

Hal tersebut disampaikan Hadi di sela-sela mendampingi Menkopolhukam Jenderal TNI (Purn) Wiranto saat mengunjungi pengungsi di Posko Lanud Silas Papare, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua pada Rabu (9/10/2019).

"Alutsista yang digunakan untuk mendukung pengungsi adalah Hercules C-130 dan Helikopter milik TNI," kata Hadi.

Baca: Mengenal Buku Pengecam Polos Indonesia Tiada Tara, Buatan Bekas Asisten Pengajar Ayah Prabowo

Hadi mengatakan, TNI akan menyiapkan tiga pesawat Hercules yang digunakan untuk mengangkut pengungsi yang berada di Jayapura untuk kembali ke Wamena.

"Untuk pengungsi yang berada di Ilaga akan kita gunakan Helikopter, dimana nanti akan berangkat dari Timika. Sedangkan yang berada di Merauke akan kita dukung Hercules untuk kembali ke Wamena," kata Hadi.

Hadi juga menegaskan bahwa TNI dan Polri melakukan penambahan pos pengamanan sesuai permintaan dari beberapa tokoh masyarakat guna menjaga stabilitas keamanan di wilayah Wamena termasuk juga yang berada di Oksibil serta Ilaga.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 87 orang pengungsi korban kerusuhan Wamena yang pecah pada 23 September 2019 lalu telah diberangkatkan kembali menuju Wamena pada Rabu (9/10/2019).

Sebanyak 29 di antara pengungsi tersebut merupakan anak-anak.

Sedangkan 58 orang sisanya merupakan orang dewasa.

Para pengungsi korban kerusuhan Wamena tersebut diberangkatkan dari Lanud Silas Papare dengan menggunakan pesawat TNI AU C-130 dengan pilot Mayor Penerbang Bandung.

Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto dalam keterangannya pada Rabu (9/10/2019).

"Pada hari Rabu, 9 Oktober 2019 di Baseops Lanud Silas Papare telah diberangkatkan 87 orang pengungsi korban kerusuhan Wamena tanggal 23 September 2019 kembali menuju Wamena, dengan menggunakan Pesawat TNI AU C-130/A-1336," kata Eko.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved