Rusuh di Papua

Polisi Buat Pos di Titik Rawan Untuk Jaga Keamanan di Wamena

Kedatangan para pengungsi ini dijemput langsung Bupati Kabupaten Jayawijaya Jhon Richard Banua, Dandim 1702/jwy Letkol Inf Candra Dianto.

Polisi Buat Pos di Titik Rawan Untuk Jaga Keamanan di Wamena
SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
Pengungsi dari Wamena, Papua, tiba di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, dengan menggunakan pesawat Hercules TNI AU, Selasa (2/10/2019). Sebanyak 120 pengungsi yang berasal dari Jawa Timur tiba di Malang untuk kembali ke daerah asal, pasca kerusuhan di Wamena yang mengakibatkan 33 orang tewas. SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA - 87 pengungsi  kembali ke Kota Wamena, Rabu (9/10/2019) pukul 10.40 WIT.

Mereka kembali setelah menempuh perjalanan udara menggunakan pesawat Hercules TNI AU dan mendarat di Apron I Bandara Wamena Kabupaten Jayawijaya.

Kedatangan para pengungsi ini dijemput langsung Bupati Kabupaten Jayawijaya Jhon Richard Banua, Dandim 1702/jwy Letkol Inf Candra Dianto, ‎Dankalan Wamena Mayor PNB Arif Sujarmiko.

Ada pula Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny ananda, Danramil Kota Wamena Mayor Inf Yusuf, dan pejabat lainnya.

Baca: Munarman Dicecar 18 Pertanyaan Soal Percakapannya Dengan Tersangka Penganiayaan Ninoy Karundeng

Dalam kesempatan tersebut, ‎Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua menyampaikan terima kasih kepada warga yang sudah kembali ke Wamena.

Menurut dia, Wamena saat ini sudah kondusif.

"Kami juga akan melakukan kordinasi pada pihak keamanan yang ada di Wamena untuk menjaga situasi tetap kondusif. Saya berharap kepada bapak ibu agar tidak terpengaruh dengan isu yang kerkembang karena kami dari pemerintah sudah menyatakan situasi kondusif," kata Jhon Richard Banua.

Baca: Marc Marquez Masih Incar Gelar Tim terbaik dan Konstruktor di Sisa Balapan Musim 2019

Lebih lanjut ‎Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda menegaskan dirinya bersama Dandim akan menjamin keamanan warga di Wamena.

"Kami juga sudah memasang pasukan gabungan dari TNI/Polri untuk menjaga keamanan Wamena. Dalam jarak 500 meter kami pastikan akan ada pos di setiap titik yang kami anggap rawan," kata Tonny Ananda.

Selanjutnya para pengungsi yang telah kembali ke Wamena diantar ke rumah dan kembali ke keluarga masing-masing.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved