Rusuh di Papua

Ratusan Pengungsi di Lanud Jayapura Pulang Lagi ke Wamena Menggunakan Pesawat Hercules

Ratusan pengungsi rusuh Wamena yang ditampung di Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura diangkut kembali ke Wamena dengan pesawat Hercules milik TNI.

Ratusan Pengungsi di Lanud Jayapura Pulang Lagi ke Wamena Menggunakan Pesawat Hercules
Tribunnews.com/Banjir Ambarita
Ratusan pengungsi rusuh Wamena yang ditampung di Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura diangkut kembali ke Wamena dengan pesawat Hercules milik TNI, Rabu (9/10/2019). 

Laporan Kontributor Tribunnews.com, Banjir Ambarita

TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA -  Ratusan pengungsi rusuh Wamena yang ditampung di Base Ops Lanud Silas Papare Jayapura diangkut kembali ke Wamena dengan pesawat Hercules milik TNI, Rabu (9/10/2019).

Mereka bersedia kembali ke Wamena dan diangkut Hercules, disaksikan Menkopulhukam Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Menkopolhukam mengatakan ada 102 jiwa pengungsi di Jayapura yang kembali ke Wamena dan diangkut Hercules.

“Mereka bersedia kembali ke Wamena hari ini, karena situasi sudah kondusif,” ujar Menkopolhukam.

Baca: Kodam Cendrawasih: Kondisi Wamena Berangsur Pulih

Baca: Wiranto Sebut Para Pengungsi di Wamena Ingin Kembali ke Rumah dan Bekerja

Menurut Menkopolhukam yang Selasa kemarin mengungjungi Wamena, banyak masyarakat pengungsi yang ingin kembali ke Wamena pasca rusuh.

“Saya simpulkan banyak masyarakat ingin kembali ke Wamena. Seperti 102 jiwa pengungsi yang hari ini kembali ke Wamena. Mereka yakin hidup mereka disana, kerja mereka disana, mereka yakin aparat keamanan akan menjaga keamanan mereka, kondisi yang kondusif,” kata Menkopolhukam. 

ra pengungsi Wamena di Jayapura yang akan kembali
Para pengungsi Wamena di Jayapura yang akan kembali ke Wamena dengan pesawat Hercules, Rabu (9/10/2019). Para pengungsi terdapat anak-anak dan wanita dewasa.

Keinginan masyarakat kembali keamanan, bukan saja hanya karena ada jaminan keamanan dari aparat keamanan Tni dan Polri, tapi juga dari masyarakat Wamena.

“Mereka juga yakin, bahwa masyarakat Wamena telah menjamin hidup berdampingan hidup rukun dengan masyarakat non Papua. Itu saya dengar langsung dari mereka,” ujar Menkopolhukam.

Kata Menkopolhukam, dirinya dan Panglima TNI serta Kapolri selanjutnya akan ke Timika dan Merauke, untuk bertemu masyarakat pengungsi, guna mengimbau mereka kembali ke Wamena.

Halaman
123
Editor: Hasanudin Aco
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved