Pelantikan Jokowi & Maruf Amin

Jelang Pelantikan Presiden, BIN Deteksi Ada Rencana Serangan JAD

Jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Minggu (20/10/2019), Badan Intelijen Negara (BIN) mendeteksi bakal ada serangan dari kelompok

Jelang Pelantikan Presiden, BIN Deteksi Ada Rencana Serangan JAD
Tribunnews.com/Theresia
Kepala BIN, Budi Gunawan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Beberapa hari jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Minggu (20/10/2019), Badan Intelijen Negara (BIN) mendeteksi bakal ada serangan dari kelompok JAD.

"Dari awal sudah kita sampaikan bahwa kami deteksi menjelang pelantikan memang ada rencana seperti itu dari JAD sehingga kita harus benar-benar dengar dan waspada," ucap Kepala BIN, Budi Gunawan, Kamis (10/10/2019) di RSPAD, Jakarta Pusat usai menjenguk Wiranto.

Budi Gunawan, melanjutkan kelompok JAD ini memang berniat membuat kondisi keamanan tidak stabil termasuk melakukan amaliah, seperti yang dilakukan pelaku Abu Rara.

Baca: Bunyi Pesan Memilukan Untuk Ibunda di Buku Harian Calon Hafiz Cilik yang Meninggal karena Disiksa

Baca: Anak Dikandung Puput Nastiti Devi Belum Lahir, Ahok Ungkap Nama Calon Bayinya yang Penuh Makna

Baca: Begini Ekspresi Orangtua Fitri Diana di Brebes Usai Mengetahui Anaknya Terlibat Kasus Penusukan

Bahkan mantan Wakapolri ini tidak menampik banyak jaringan JAD yang bergerak senyap, orang-perorang sehingga patut diawasi.

"Memang mereka cukup banyak, pergerakannya sistem sel, orang per orang. Mohon bantuan seluruh warga bantu awasi kalau ada yang mencurigakan sampaikan ke aparat," tambahnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Wiranto diserang orang tidak dikenal, Kamis (10/10/2019) usai mengikuti acara peresmian Universitas Mathala'ul Awal Pandeglang.

Dua terduga pelaku penyerangan kini berhasil diamankan kepolisian. Mereka masing-masing berjenis kelamin laki-laki dan peremppuan.

Pelaku laki-laki berinisial SA alias Abu Rara (31)y warga Medan, Sumatera Utara sedangkan pelaku perempuan FA (21)y warga Brebes.

Keduanya merupakan pasutri yang mengontrak di Kampung Sawah, Kec Menes, Kab Pandeglang. Abu Rara diduga terpapar paham radikal ISIS.

Mirisnya, Abu Rara justru mengajak istrinya FA untuk ikut menusuk Wiranto. Pasutri ini baru sekitar dua bulan tinggal di Pandeglang.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved