‎Mendikbud : Nyanyi Indonesia Raya 3 Stanza Protes, Karaoke Berjam-jam Bisa

Pengalamannya itu disampaikan Muhadjir saat memberi sambutan dalam peluncuran buku : Pengayaan Pengawasan Sekolah di kantornya

‎Mendikbud : Nyanyi Indonesia Raya 3 Stanza Protes, Karaoke Berjam-jam Bisa
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy berbagi cerita seputar pengalamannya mewajibkan sekolah dan kementerian menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza.

"Saya mau sampaikan lagu Indonesia Raya tiga stanza kelihatannya banyak yang tidak tahu. Aslinya memang tiga stanza, pas saya gulirkan banyak yang komplain kok nambah-nambahin bahkan ada yang mau melaporkan saya," ucap Muhadjir.

Pengalamannya itu disampaikan Muhadjir saat memberi sambutan dalam peluncuran buku : Pengayaan Pengawasan Sekolah di kantornya, Rabu (9/10/2019).

Baca: Ini Daftar Lengkap Harga Mitsubishi Xpander di Jawa Tengah dan Yogya

Baca: Ditaksir Irwan Mussry Sebelum Nikahi Maia Estianty, Apa Kabar Dessy Ratnasari? Ini Rumah Mewahnya

Baca: Cerita Sebenarnya Video Raffi Ahmad Pegang Pinggul Angela Lee, Si Artis Bahas Pelakor & Bantah Risih

Dalam acara tersebut, turut hadir pendiri Maarif Institute, Syafii Maarif atau Buya Syafii, Direktur Eksekutif Maarif Institute Rohim Ghazali hingga Plt Kepala BPIP Haryono.

Muhadjir juga mengaku sempat berdiskusi dengan seniman Slamet Rahardjo. Menurutnya Slamet Rahardjo bisa menjelaskan dengan baik bagaimana pertalian bait satu hingga ketiga.

"Intinya kenapa Indonesia tidak sampai pada tujuan? Karena nyanyi Indonesia Raya tidak seluruhnya. Makanya sekarang ini untuk sekolah saya wajibkan‎ 3 stanza," imbuhnya.

Khusus pada Buya Syafii, Muhadjir menyampaikan dirinya sangat bangga karena ketika menghadiri acara di Natuna, seluruh anak sekolah hafal menyanyikan Indonesia Raya 3 stanza.

"Buya saya kemarin ke Natuna, disana anak-anak hafal Indonesia Raya tiga stanza, saya merinding betul. Tapi masih ada pejabat yang protes kepanjangan 3 stanza, itu sudah kami hitung 3,5 menit. Saya bilang, karaoke berjam-jam bisa ini tiga stanza protes," ungkap Muhadjir.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved