Tangkal Ideologi Bertentangan dengan Pancasila, MPR Bakal Koordinasi dengan Sejumlah Lembaga Negara

"Kita juga sudah mendapat berbagai informasi ya, misalkan kampus maupun institusi tertentu dalam negara yang terpapar ideologi tertentu," katanya

Tangkal Ideologi Bertentangan dengan Pancasila, MPR Bakal Koordinasi dengan Sejumlah Lembaga Negara
TRIBUNNEWS/CHAERUL UMAM
Wakil Ketua MPR dari Fraksi PKB Jazilul Fawaid 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid mengatakan dalam menjalankan tugas sebagai koordinator bidang hubungan antar lembaga negara, dirinya akan langsung melakukan koordinasi dengan semua lembaga negara yang ada.

Terutama, terkait dengan Sosialisasi Empat Pilar dalam rangka menangkal berkembangnya ideologi tertentu yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Baca: Ketika Megawati Singgung Perannya Dalam Pemilihan Ketua MPR RI

"Kita juga sudah mendapat berbagai informasi ya, bahwa misalkan kampus maupun institusi tertentu dalam negara yang terpapar ideologi tertentu," kata Jazilul, Kamis (10/10/2019).

Ia pun mengatakan akan melakukan kajian dan langsung berkoordinasi dengan lembaga-lembaga negara yang ada.

"Kita akan me-recheck dan berkordinasi dengan lembaga-lembaga negara yang diindikasikan aparatnya atau institusinya itu yang (diduga) terpapar ideologi tertentu," paparnya.

Lebih lanjut, ketika ditanyakan apakah perlu adanya modifikasi terkait dengan model sosialisasi empat pilar, khususnya kepada lembaga negara nantinya, politikus PKB itu mengatakan tentunya dirinya akan menerima masukan dari lembaga-lembaga negara yang ada mengenai hal tersebut.

"Tentu kami yang membidangi itu ada meminta masukan dengan lembaga-lembaga negara yang ada, makannya tugas itu diberikan kepada saya," paparnya.

"Termasuk juga terkait dengan amademen terbatas UUD'45. Jadi, kita akan berkordinasi dengan lembaga negara," sebut dia.

Ia pun menegaskan sosialisasi empat pilar diberikan kepada siapapun, termasuk lembaga negara maupun instansi setingkat menteri ataupun di bawahya.

Baca: KPK Tepis Pernyataan Arteria Dahlan yang Sebut KPK Gadungan untuk Melawan Hukum

Karena itu, tugas hubungan antar lembaga negara bukan hal yang baru untuk dilakukan.

"Sudah kan, sosialisasi empat pilar itu kepada siappun, tapi karena ini kepada lembaga negara, maka kita pun mericek, katakannlah BUMN itu sebenarnya lembaga negara, dan BUMN itu ada anak cucu (perusahan) nya," pungkasnya.

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved